Ours

Ours

Tuesday, 14 October 2014

Hobby#3 - Book Geek

Books is my best pal ever.
Dari kecil aku paling demen baca buku. Bisa sampe begadang2 baca buku. Sayangnya mama papa dengan segala keterbatasan duit, ga terlalu bisa memenuhi koleksi untuk perpustakaan pribadiku. Hehehehe
Mereka tau sih aku demen buku, jadi aku dibebasin beli Bobo ...bekas. Buat aku sih ga masalah yang penting buku atau sesuatu untuk dibaca. Dan kalo pas ultah langsung parkir aja di Gramedia, bisa girang dah yang berulang tahun. That simple.
Mamaku tau banget hobiku, dan tau banget dia ga mungkin sering2 supply buku ke anaknya, jadi kalo anak temennya suka baca, mama suka 'ga tau malu' pinjem buku anak temennya buat aku. Aku inget masa2 itu, super hepi kalo mama bawa setumpuk buku yang agak kuning2 buat aku baca sambil diperingatin ga boleh lungset, ga boleh sobek, ga boleh rusak. :) Thanks a lot to my mom
 #hug her

Masuk SMP di St Maria, aku sangat puassss dengan perpustakaannya. Kalo di SD Dapena dulu buku diatur dengan sangat tidak menarik dan sedikit, di St Maria ini perpusnya luas, bukunya buanyak, bacanya bareng suster2 bule. Berasa skul di luar negeri aje. :)
Padahal di SD Dapena cukup lengkap lo, baru tau beberapa taun kemudian setelah pengetahuanku tentang referensi buku lebih banyak. Pas SD aku udah baca buku Oliver Twist karya Charles Dickens, ya pinjem dari perpus di SD Dapena itu.

Aku suka buku fiksi, nonfiksi tapi yang true story.
Khusus untuk fiksi, awal SD dulu demennya sama Enyd Blyton, sama beberapa pengarang Swedia. Duh, baca buku2nya bikin ngiri, pengen hidup di desa Swedia sono. Yang rumahnya jarang2, anak2nya ga gitu banyak tapi asik banget permainannya. Sampe naksir ma Julian-nya Lima Sekawan yang kalo dibayangin tuh tinggi, pinter, kebapakan hihihi.Atau pingin sekolah berasrama kayak Malory Towers, trus pake acara pesta malem hari. Duuuuuh pinginnya.

Pas SMP keracuni sama Sidney Sheldon. Hahahaha....bukunya kan rada2 ga pas gitu sama anak SMP. Aku belajar banyak dari Om Sidney tentang kehidupan orang2 dewasa abad itu. Danielle Steel juga suka, tapi beberapa judul aja, banyak yang bikin aku boring. Terutama yang judulnya 'Awaiting' kalo ga salah.
Alamak...satu buku isinya cuma nungguin orang koma.
Om Sidney lebih 'hidup', twistnya bikin aku yang masih SMP ini tercengang2.

Akhir2 ini aku lagi suka genre distopia. Tentang fiksi masa depan. Gara2 Hunger Games nih.
Seru aja baca buku fiksi tentang gimana sih kehidupan di masa depan. Sampai saat ini udah baca 3 trilogi distopia. Hunger Games trilogy, Divergent trilogy, dan Maze Runner trilogy.
Yup semuanya difilmkan, dan aku telat bacanya. Menurutku paling bagus endingnya Maze Runner, sampe ke 1 bab terakhir trus langsung bikin bete, ralat....bukan yg paling bagus. Divergent agak mengecewakan, rada ga jelas di beberapa bagian, mungkin karena pengarangnya masih muda banget ya. Sementara Hunger Games gak gitu amazed me. Satu2nya buku yang endingnya memuaskan itu adalah bukunya Tolkien.

One thing for sure, untuk semua buku distopia yang aku baca, tokoh utamanya semua rada ga jelas. Memang heroik tapi kebanyakan mikir dan main perasaan. Gini ga bisa, gitu ga mau, apa cobaaaa.... Terlalu istimewa tapi lagak tokoh utamanya kayak ga tau apa2 dan merasa ga berarti apa2. #Drooliinnnggg
Coba aku yang jadi tokoh utama, bisa dipastikan sombongnya bukan maen. hehehehee

Karena dari kecil ga dibiasakan beli buku, pas gede gini liat harga buku bikin jantungan lo. Mahal yaaaah, akhirnya kita seringnya pinjem. Cuma akhir2 ini peminjaman buku lebih berpusat sama komik mulu.
Aku ga suka komik, kecuali Miiko. Jadi, terpaksa beli.

Untungnya Sam juga doyan buku. Dia juga doyan komik sih, pas SMP juga sama2 baca bukunya om Sidney. Dan gokilnya lagi, dia suka sama serial Malory Towers. Hahahaha
Yah, nyambung lah ya kalo kita omong2an masalah buku. Kalo ditanya mana yang lebih hobi? Kayaknya aku deh. :) Aku lebih niat cari buku baru, suka cari referensi buku2 baru. Sementara Sam cenderung 'nunut' aja. Apa ada buku serian yang ga dilanjutin? Ada, serian City of...... itu lo. Yang ada vampire, werewolf dsb dsb.
Beli 1 sih, trus nyesel, soalnya liat serian City of-nya ada kali 7 seri. Bukan apa2...mikir duitnya mahal banget. Soalnya bukunya tebel, otomatis harganya 100an keatas x 7 =........

Kimmy kayaknya suka baca buku, dia suka Miiko dan sering minta dibeliin majalah. Kalo aku ke persewaan majalah atau Gramedia, dia sering minta jatah juga.
I do really hope all my children loves to read books.  Sayangnya mereka kurang bisa merawat buku. Hiks....Apalagi Kenzo dan Kayden, buku yang diklaim cocok untuk anak batita karena tahan sobek, udah tercabik2 dan dijadikan mobil2an, diseret kiri kanan.
Kimmy sendiri walaupun suka buku, tapi lebih suka sama Ipadnya.
Rencana sih kalo twin gedean dikit dan bisa baca, mau ada reading day once in a week. 
Bapak ibunya doyan baca, anak2nya juga harus dong.









2 comments:

  1. Aku juga masih simpen buku2ku jaman SD/ SMP lho (Enyd Bliton)... biarpun sdh kuning2 kertasnya... Sampe sekarang juga paling seneng beliin Alice buku cerita anak, kayaknya karena dulu kecil sering pengen tapi gak kesampaian. Coba klik bookdepository La, aku sering beli di situ, free ongkir. Aku suka buku anak2 import soalnya kertasnya, covernya, gbrnya bagus2...

    ReplyDelete
  2. Iya Pat, itu harus disimpen !!! Sayang aku ndak punya. Baru gede2 gini aja koleksi buku. Tapi jelas beda dong sama bukunya Kimmy. Terakhir ini idamanku aku pingin koleksi bukunya Games of throne. Kabarnya bagus!

    ReplyDelete