Ours

Ours

Thursday, 26 November 2015

Birthday Party Trend

Minggu ini sedang panen bday party. Seminggu ada 3 undangan sekaligus. Mungkin ya kalo hamil itu menular, 1 hamil bisa susul2an dengan lainnya. No wonder ultahnya pun deket2an hihihi
Dekornya bagus ya?
Secara global sih, semester kedua tahun ini banyak banget yang ulang tahun. Ulang tahun yang dirayakan yang aku maksud disini adalah ultah anak setaon. Kalo ultah yang diatas setaun ya di school-nya twin hampir saban minggu ada aja undangan ultah yang dirayain di sekolah.

Bukan kewajiban sih memang untuk anak setaon dirayakan gede2 gitu. Anaknya loh ga ngerti apa2, si Kenzo malah bobok pas pesta lihat disini, sisanya kebanyakan cranky kalo aku lihat, soalnya udah capek dan lewat jam boboknya mereka. Tapi tetep aja, buat kenang2an dan karena biasanya anak pertama dirayain otomatis anak kedua dan ketiga dirayain juga biar adil. Kenapa anak pertama dirayain? Yah macem2 ya, bisa karena euforia komunitas, karena semua dirayain ya kita kepingin juga anak kita dirayain. Tapi semuanya balik ke ortunya masing2.

Nah, aku sendiri demen hadir di pesta anak setahunan begini, karena biasanya bikin pestanya niat banget. Dari dekorasi, hiburan sampe goodie bag-nya dikemas lucu2 dan sesuai tema pula.

Apalagi kids, terutama Kimmy. Dia demen banget maju ke panggung untuk jawab2lah atau ikut lomba biar dapet hadiah. Saking banyaknya hadiah akibat dari maju panggung, aku punya koleksi 1 laci full isi stationary, kotak makan, botol minum, pensil warna, sampe lego2 mini. Lumayan buat kado ultah temen2 twin di sekolah. hihihi. Kalo Kimmy udah jarang banget dapet undangan ultah.
Kalo twin demennya sama playground dan bounce castle di area bermain. Habis makan pasti balik nya kesono lagi kesono lagi.
Maju depan is a must! Biar dapet kado itu prinsip si Kimmy
Trendnya pesta anak setaunan ini beda2 lo, kayak pernikahan aja trendnya beda2.
Kalo zaman Kimmy dulu pestanya lebih sederhana, masih belum ngetrend itu sweet corner atau photo corner. Dateng ya badutnya yang entertaint pake balon2 yang bisa dibentuk. Trus acara semuanya diserahin ke badutnya dari awal sampe akhir. Sudah ada tema2 gitu sih.
Yang atas tuh twin jadi gnome, and Kimmy jadi fairy + face painting

Zaman twin udah lebih keren. Udah ada sweet corner, ada photo corner sepuasnya (yg photo kebanyakan temen emaknya pada centil2 semua), ada playground corner, dan outfit yang disesuaikan dengan tema. Misal temanya cowboys gitu, yang dateng dikasih pin bintang, atau kalo temanya hawai, yang dateng dikasih bando bunga, jadi biar nuansanya masuk. Tapi tetep aja entertainmentnya ya badut tadi itu, dari awal sampe akhir.
Wajib! foto corner doloee
Akhir2 ini udah berubah lagi lo. Badutnya udah bergeser ke MC biasa. Jarang banget aku liat anak setaunan pake badut. Entertainemtnya kebanyakan udah lebih disesuaikan dengan acara televisi kabel. Hi5.
Ada 5 orang cowok cewek nyanyi live show dan suara mereka bagus2, mereka dance ala Hi5 dengan lagu Hi5 pula. Outfitnya disesuaikan dengan tema dan niat abis. Misal temany fairy, mereka beneran berkostum fairy pake sayap warna warni. Kids? ikutan nari ala Hi5 yang rata2 mereka pada hapal semua. Kalo untuk yang masih dibawah 2 taun? Biasanya mereka ga gitu ngerti hahahaha. Yang menikmati yang 3 taun keatas biasanya. Twin udah bisa ikutan lompat2, muter2, joged2.


Ini lo penggantinya badut

Group lokal Hi5 ini biasanya kasih entertainment yang edukatif. Misalnya cara bikin volcano dsb. Nah ini yang seru2an cuma 5 tahun keatas aja. Twin udah lari ke playground untuk mainan.
Karena ga ada badut, biasanya entertainment selain Hi5 lokal juga ada panggung boneka. Model2 slapstick gitu lo, yang konyol2. Nah ini yang bikin twin terkekeh2 dan anteng di kursi. Bonekanya cuma 1 biasanya, tapi bandel dan konyol bukan main. Rata2 aku lihat batita doyan nih beginian.
Ini ceritanya lagi liat doll show, sampai ngekek begini
Sweet corner atau dessert table yang justru aku jarang banget keliatan sekarang. Biasanya snack2 ala cupcake, susu dsb gitu udah dibagiin per anak di area kids. Karena area orang tua beda dengan anak kecil. Ortunya bisa duduk nyaman di meja besar, sementara anak2nya di depan panggung yang udah disulap sesuai tema. Lengkap dengan meja dan kursi mini. Mejanya full dengan mainan dan makanan kecil misal, coklat, cupcake, cookies dsb.Yang unik, pernah tuh ada tema 'Its a small world after all' tentang negara2 dunia, panggungnya dihias dengan menara eifel, piramida dsb. Nah depan panggung ga ada meja kursi kecil, adanya beberapa kapal. Yup, anak2 duduknya di kapal. Super kreatif. Bisa liat foto2 dibawah yaaa
Buat inspirasi kalo mau pesta. Kalo aku sih, udah ga ada lagi setaunan pesta sendiri, abis stoknya hehehe

Ini dudukannya anak kecil yg dari kapal itu
Kadang masih pakai sweet corner sih

Ini aku comot dari IG-nya tukang decornya. Yang aku comot yang aku hadirin pestanya ya, jadi ga ambil foto pesta orang lain hehehe



Ini ambil dari IG tukang photo

photo corner sepuasnya







7 comments:

  1. Wedew..
    Gw baru punya anak satu, dan umurnya baru enam bulan. Jadi gw belom pernah diundang ke pesta ulang tahun anak-anak (kecuali mungkin pesta jaman gw kecil dulu). Gw sangat takjub lihat foto-foto di posting ini. Ini pesta ulang tahun atau festival anak di mall dipindah ke rumah si anak yang ulang tahun?

    Kayaknya kudu browsing tentang vendor event organizer pesta ulang tahun anak nih. Biar nggak malu-maluin kalau suatu saat nanti anak gw minta dirayain ulangtahunnya.. :-p

    ReplyDelete
  2. Iya pesta ultah zaman skrg memang lucu2 dan niat2 bikinnya. Tapi semua balik ke ortu nya lagi. Ada yg mandang ga perlu tapi cuma pingin aja ngerayain hehehe. Banyak juga yg ngerayain sederhana kok secara anaknya ga gitu ngerti ngapain aja

    ReplyDelete
  3. Yang model begitu.... Jakarta tuh kayaknya kalau dibandingin sama Surabaya, Surabaya 10 kali kayak gitu, Jakarta baru 1. Di Surabaya tuh segala-gala lebih heboh, lebih membahana, cetar, spektakuler. Jakarta sih, biasa aja. Justru malah jarang banget yang acara kelewat heboh hehe. Gue aja bingung tiap kali liat foto temen2 kuliah gue yg org Sby yg mestain anaknya ultah. Bikin garuk2 pala, itu pesta ultah anak atau kawinan hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oyaa? Aku pikir kalo di jkt bakalan lbh heboh lo. Di sby ini yg pestanya niat2 itu kawinan, setahunan, sama 17 tahunan. Sayang aku ga pernah diundang 17 tahunan...padahal pingin banget liat skrg sweet seventeen kayak apa ya?

      Delete
  4. gile keren2 banget ya dekornya.
    yang temanya it's a small world itu tempat duduknya lucu bentuk perahu, dibikin mirip perahu pas mau masuk it's a small world gitu ya... very creative :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss kreatif banget dan keren ya. Tapi ide nya juga kebanyakan kiblatnya dari pesta2 us sono. Misal face painting. Sweet corner. Kan dari us semua

      Delete
  5. Wah niat amat ya ci bikin acara ulang tahun anak sampe meriah banget. Sekarang kalau liat jasa party planner gitu untuk anak ulang tahun sampai geleng-geleng sih karena gak kebayang abis dana berapa hahaha, rasanya hampir sama meriahnya kayak acara sweet 17th anak ABG. Jadi ingat kalau dulu rayain pesta ulang tahun pasti di rumah/ sekolah, yang masak juga si mama. Kalau sekarang diadakannya kebanyakan di resto yang instagramable ya!

    ReplyDelete