Ours

Ours

Monday, 4 January 2016

Mengatasi anak susah makan

Siapa yang anaknya doyan makan? #angkat tangan.
Siapa yang anaknya susah makan? #angkat tangan

Nah lengkap anak2ku. Yg twin doyan makan, jie2 nya susah makan.
Jadi aku merasa experience ku udah cukup untuk mereview masalah anak susah makan.

Kimmy bisa makan sendiri itu kira2 pas SD. Sebelumnya? Ya disuapin. Kimmy dari kecil susah makan tapi doyan susu untungnya. Ya ga untung2 banget sih, secara mamanya ga ASI jadi itu kaleng susu bisa diloak saking banyaknya. Sebulan 8 kaleng besar 900 gr hohoho high maintenance kamu ya Kim.
Kimmy kalo makan susah dan lama. Jadi kalo sus pulang, tantangan terbesar adalah kasih makan kimmy. Picky eater iya, gtm iya. Kalo liburan lebaran Kimmy jadi kurusan soal beneran aku bukan mama2 telaten suapin anak. Yang penting ada makanan masuk perutnya udah bersyukur. Berapa lama kimmy makan? 2 jam ! Itu art dan sus nya tobat2 kalo suapin Kimmy makan. Apa makanan kesukaan nya : ayam goreng kfc dan bebek goreng.

Bersyukur ternyata anak2 cowokku gembul2. Mereka baru 3.5 tahun tapi udah bisa makan sendiri lo. Entah ini hebat atau memang sdh seharusnya, hahaha soalnya comparisonnya kan si Kimmy yang lamaĆ a sekali baru lulus dari disuapi.
Mereka makan juga cuma 20 menit paling lama. Dan kerennya lagi mereka ga picky eater. Brokoli ok, wortel boleh apalagi ayam waduh bisa melirik meja makan terus. Tempe goreng? Sampe ditungguin klo lgi nggoreng tempe. Kalo masak soto? Kenzo makan cuma 5 menit ajah, makan sendiri looo. Aku masih merasa wow amazing punya anak model gini.

Nah ini nih tipsnya yang aku dapet dari melanglang buana via net untuk anak yg susah makan yg udah aku praktekin ke kimmy tentunya. Semoga membantu
1. Makanan dibikin bento lucu2.
Result : ga berhasil. Kimmy cuma liatin sambil senyum2. Udah sampe situ aja tahapannya. Senyum2 liatin



2. Bikin makanan kesukaan anak
Result : karena kim demen cuman ayam goreng kfc dan bebek goreng, ya ga mungkin seminggu 3x makan kfc dan bebek goreng kan?

3. Sayur disembunyikn ke berbagai bentuk
Result : kimmy picky eater yg lidah perasanya sangat sensi bahkan bawang putih yg kurang halus aja kerasa. Bawang bombai potong kecil2 kerasa. Juice wortel kalo perbandingan jeruknya 5 : 1 dgn wortelnya baru mau. So its failed

4. Dikompetisikan
ini sih ide mamanya sendiri, kan memang anaknya kompetitif, dilombakan dengan adik2nya sendiri
Result : kimmy sih berupaya, apa daya kemampuan ga ada, jadi dia tetep kalah. Makan sambil ngomel defensif ttg kenapa dia bisa kalah.

5. Dimarahi
Result : sejauh ini cuma cara ini yang bisa mempercepat makannya beberapa menit.
hohoho

Jadi, sampe sekarang ini berapa jam kimmy makan? 2 jam itu tadi masihan.
Sampe2 ya ada salah satu art yg rajin nanyain menuku. Pas aku blg ayam goreng dia bilang
' aduh asik kimmy nanti makannya ga terlalu lama'
Hahaha sampe segitunya, kebetulan emang dia yang kebagian urusin kim makan.

Niru siapa kimmy? Kayaknya aku. Hahahah
waktu kecil aku juga ga suka makan. Jarang lapar dan jarang kepingin makan. Sukanya mainan, kalo udah main ga kerasa laparnya. Malah paling bete klo pas lagi main trus dipanggil makan. Rasanya mengganggu sekali acara makan ini. Kenapa harus makan sih? Doyannya juga sama kering2 kayak kimmy. Sosis lapchiong goreng, dendeng goreng, telur mata sapi goreng. Wuih kalo 3 menu itu digabung aku makan bisa cepet. Ya sejam kayak si kimmy. Dasar buah simalakama.

Kapan aku sembuh dari penyakit ga suka makan? Waktu kerja. Waktu kuliah masih jarang makan makanya kurus kering. Entah kenapa pas kerja rasa lapar itu mulai menyerang. Dan kayaknya lidah perasa jadi kebuka kuncinya. Semua makanan terasa enak dan pingjn nambah. Jadi mungkin solusi untuk anak gtm adalah...tunggu dia besar  hahaha

Tapi ya semua itu ada positif negativenya. Punya anak doyan makan kayak kenzo kayden memang menyenangkan. Makan cepet bersih ga pilih2. Kalo ke restaurant, banyak tante2 yg suka ngeliatin twin makan. Kecil2 lahap. Yah mereka bertiga kimmy kayden kenzo nasi 2 piring masih buat bertiga. Aku bisa ngelihat masa depan, kalo twin gedean, udah cowok, puber, doyan makan pula dari kecil.

Udah kebayang Kenzo dan Kayden makan di restaurant 1 orang 1 nasi ga cukup.

' Papa....Kenzo / Kayden mau nambah masih laper!!'

Kyaaaaa....






Ini siapa? Kimmy kecil hihihi


10 comments:

  1. Wah Kimmy ternyata susah makan ya ci. Tp kl diturutin makannya ayam KFC dan bebek goreng lama-lama gak sehat, dilema ya jd seorang Ibu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aysm kfc mulu bisa sakit tnghorokan anaknya. Hehehe

      Delete
  2. wahh seneng banget ya cii klo anak makannya doyan...mungkin karena anak cowo jadi makannya banyak..moga2 ntar anakku juga makannya banyak, jadi mami nya semangat buat masaknya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...beras cepet abis itu kalo anaknya doyan makan. Tapi iya mending daripada ga doyan makan. Lbh puyeng

      Delete
  3. Gileeee itu si Kembaaaaarrr. Bagi dong Paulaaaa gimana resepnya? Apa perlu anaknya kembar supaya lebih kompetitif makannya? Mungkin nggak sih ngaruh karena mereka selalu ada kompetisi yang seimbang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mmg twin bikin iri mama2 yg anaknya susah makan kayak kimmy. Ga ada resep le, buktinya kimmy masih aja susah makan.kembar ga ngaruh, mereka makan ga pake toleh2, memang gembul dari sononya

      Delete
  4. wahhh seneng emang ya klo liat anak seneng makan
    kayanya ni tabiat anak pertama :P
    anakku yg pertama dulu makannya juga susahhh amit-amit dah, sejak 8 bulan sampe 2 taon makannya bikin stress, kadang mogok makan, dan lebi parahnya lagi benci banget susu. jadi anaknya kurusss... Dua tahun keatas aga lebih stabil napsu makannya, tapi masi picky (maunya yg enak2 macem ayam goreng, nasi goreng, ga mau sayur). eh tapi sejak 4 taon tuh dia gampang makannya, makanan rumah apa aja mau dimakan - gak picky, bahkan skarang sayur juga dimakan *hip hip hurray*

    klo yg kedua, meski ga rakus2 banget tp gw liat dia slalu minta klo kita lg makan sesuatu - gw dah amazeddd... ni anak ada napsu makannya. suka pengen makan sendiri. dan suka buka2 kulkas cari makanan *sangat amazed* soalnya sepengalaman gw dgn anak pertama, anak pertama gw tuh gaperna nyari2 camilan. slalu gw sodor2in supaya dia mau nyemil, klo ngga sih isinya maennnn mulu

    maap panjang hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe thanks for visit. Mgkn aku kayak anak pertamamu ya. Cuma di usia yg jauh lbh tua. Baru sadar kalo makanan itu enak pas 20 tahunan. Benernya mgkn lbh enak kalo ga doyan ngemil ya. Kim ini ga doyan makan tapi kalo ngemil jago. Kerupuk, sweets, cokelat.
      Tapi yg penting anak2mu udah pinter2 makan. Kimmy belum huhuhuhu. Enak kalo puny anak gampang makan. Ga repot hehehe

      Delete
  5. Pusing jg ya, ci klo anak susah makAn. N kebykn kfc sih emang ga bgs jg sih. Anak tmnku jd puber fiskinya cpt bnr aplg Anak ce cepet menstruasinya..>.<

    ReplyDelete
  6. setuju bgt sama cara diatas, di bikin kreasi biar anak penasaran dan napsu makannya kembali ^^

    Nonton film subtitle english

    ReplyDelete