Ours

Ours

Monday, 8 February 2016

Legenda Shio Panda

Sebagai anak keturunan china, aku tau dikit2 tentang legenda asal usul munculnya 12 shio. Cuman dikit aja, ga sepakem Sam misuaku yang totok banget. Sam ngerti cukup banyak, dari si monkey king yang ternyata dewa sampe shio itu tadi. Monkey King ternyata dewa toh....baru tau kemaren pas ngobrol2 masalah shio.

Jadi begini ceritanya (singkatnya aja)

Pada suatu waktu Kaisar Langit ingin mengukur waktu dengan menghadiahkan 12 tahun untuk 12 hewan.
Siapa yang datang menghadap lebih dahulu akan dihadiahkan nama tahun.
Tikus adalah tahun yang pertama, karena tikus ini pintar. Dia bersaing dengan kucing yang juga sama bernafsunya untuk mendapatkan hadiah nama tahun. 
Untuk menghadap kaisar Langit mereka harus menyebrangi sungai, karena mereka berdua tidak bisa berenang, mereka minta tolong kepada Kerbau yang dengan baik hatinya mau menyebrang sungai dengan kucing dan tikus di punggungnya.  Sayangnya tikus ini pintar dan licik, di tengah sungai, dia mendorong kucing sehingga tidak sampai ke seberang (ada juga versi dimana kucing tertidur dan tikus tidak membangunkan - entah yang mana yang benar)
Jadilah tikus di tahun pertama karena tikus melompat ke darat ketika kerbau sudah dekat dengan daratan dan kerbau di tahun kedua
Kemudian berturut-turut ada macan di tahun ketiga
Kelinci di tahun ke empat
Naga di tahun ke lima (naga di tahun kelima karena dia mengalah dan membantu menurunkan hujan serta membantu kelinci terlebih dahulu)
Ular di tempat keenam, ular datang bersama kuda, dengan melilit kaki kuda. Karena kuda takut, sehingga ular bisa leluasa lebih dahulu menghadap kaisar langit.
Kuda di tahun ketujuh
Kambing tahun ke delapan
Monyet tahun ke sembilan
Ayam tahun ke sepuluh.
Anjing di tahun kesebelas karena walaupun pintar berenang namun tergoda dengan beningnya air suingai sehngga terlena dan terlambat
Dan tentu saja babi di urutan terakhir karena sebelum menghadapa babinya makan dulu, bobok dulu, santai dulu.

Nah kurang lebih demikian cerita asal usul shio.
Buat aku pribadi, itu sebuah legenda yang menghibur. Tidak terlalu mempercayai karena menurutku tidak semua anak yang lahir di tahun monyet misalnya merupakan anak yang lincah, pintar, menarik dan banyak akal. Banyak temanku shio monyet yang pendiam dan introvert.
Tapi sekali lagi itu cuma opiniku

Aku dan suami sendiri shio monyet, Kimmy shio Tikus dan si kembar shio Naga.
Kimmy sendiri bete sama shio-nya. Bayangan dia tentang tikus pastinya bukan Mickey Mouse, tapi hewan abu2 cokelat yang kalo Kimmy lihat dia bisa teriak2 ketakutan.
Nai-nai-nya yang totok itu sering banget membandingkan dia dengan shio-nya. Walaupun nai-nainya bilang shio tikus itu pintar dan cerdas, Kimmy ga bisa menerima kalo dia shio tikus.
Dia bilang ini semua ga adil, karena mama dan papa shio monyet yang lucu, adik-adiknya shio naga yang keren sedangkan dia shio tikus yang menjijikkan. Bahkan sepupunya bisa shio kelinci yang menurut dia adorable banget.
Jadi aku bilang ke Kimmy 'memangnya Kimmy mau ganti shio?' karena anaknya kalo menjelang xincia begini kumat bawelnya tentang shio.
'Mau'
'Mau shio apa?'
Dasar anaknya ternyata anti mainstream, dia ga mau dong tiru shio ortu atau adiknya. Dia bahkan ga mau tau tentang pakem 12 shio. Kimmy mau shio Panda.
Nai-nai nya kalo sampai tahu cucu nya jadi shio Panda sekarang, entah bakal ngomong gimana lagi.







7 comments:

  1. Hahaha lebih lucu ya kalo shio nya panda. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ah, ntar perhitungan tahunnya kacau, hehehe

      Delete
    2. Kimmy cerdas!

      Aku sendiri juga heran kenapa panda nggak diajakin jadi ship juga. Padahal panda itu hewan asli China kan?

      Delete
    3. Kimmy cerdas!

      Aku sendiri juga heran kenapa panda nggak diajakin jadi ship juga. Padahal panda itu hewan asli China kan?

      Delete
    4. Mungkin pas zaman itu panda belum jadi animal anthem of china. Maklum matanya belok gitu hahaha

      Delete
  2. Shiony dlm satu rumah bagus2 yak, ci. N semuanya yg shio katanya tahun ini hoki semua. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ameeen, moga2 tahun 2016 ini lancar aman dan damai :)

      Delete