Ours

Ours

Sunday, 14 February 2016

Mitos dan Fakta Anak Kembar

 
Walaupun aku punya anak kembar, kayaknya jarang ya aku posting tulisan tentang anak kembar.
Ini fakta dan mitosnya anak kembar aku ambil dari beberapa sumber untuk mitosnya. Faktanya berdasarkan pengalaman pribadi tentu saja.

Dianugerahkan anak kembar adalah salah satu pengalaman luar biasa.
Masa mengandung, masa melahirkan dan masa membesarkan mereka. Really thankful walaupun aku tidak ada keturunan kembar namun diberi surprise anak kembar. Bikin 1 gratis 1.

Jadi untuk ibu2 diluar sana yang pingin kembar tapi ga ada keturunan, yes there is a hope.
Kenzo dan Kayden memang aku tunggu2, dan diharapkan karena selang waktu dengan Kimmy kakaknya yang hampir 4 tahun. Sempat ingin ke dokter untuk tanya jawab supaya anak kedua kita cowok, secara Kimmy udah cewek. Keluarga Berencana kan ceritanya, biasa di slogan kan gambarnya 1 cewek 1 cowok.
Tapi mamaku melarang, dia bilang berserah aja sama Tuhan, ga usah konsultasi segala atau minum apapun. Takutnya iya kalo cowok beneran, kalo jadinya beda bukan cewek bukan cowok gimana?
Ah, mamaku itu....bikin aku parno juga akhirnya dan batal ke dokter.
Cuma aku udah wanti2 ke Sam, harus menerima apa adanya cowok ataupun cewek yang penting kan sehat dan normal.
Jadi aku cuma liat di internet cara mendapatkan anak cowok, dimana yang aku jalanin cuma 1 aja, berhubungan ketika pas masa subur. hehehehe

Nah ini dia yang biasanya ditanyain orang-orang atau disarankan sama mereka

Kalau punya anak kembar dengan satu plasenta, sebaiknya hidup atau tinggal terpisah
Yang ini aku baru denger sih, tapi pastinya kutolak mentah2 jika ada yang menyarankan anak kembarku dipisah. Sebenarnya pas twin lahir, udah ada yang minta lo, macem barang limited edition aja pake dipesen trus dibikin dulu. Mereka pasangan yang sudah lama sekali tidak punya anak, dan dengan polosnya ketika tau aku mengandung anak kembar cowok-cowok dan sudah punya Kimmy, mereka bilang 'buat kita satu ya anaknya...' Dan mereka serius lo.
Speechless. 
Lucu begini masak tega dipisah hehehe


 Apabila salah satu anak sakit, saudara kembarnya akan ikut sakit
Yang ini iya memang, cuma karena Kenzo dan Kayden serumah sekamar, no wonder kalo pasti saling menulari kan? Dipisah? kayaknya nggak mungkin, entah karena terbiasa atau memang kembar, mereka kalo berjauhan pasti saling cari. Wong satunya sakit duluan dan lesu bobok di kamar, satunya pasti bingung bolak balik masuk kamar, keluar lagi, masuk lagi keluar lagi.

Hanya anak kembar yang bisa memiliki keturunan kembar
Nope, di silsilahku keluargaku dan Sam ga ada anak kembar. Cuma kembarku ini fraternal, yang mestinya berdasarkan keturunan. Dokternya sih bilang, bisa aja ada keturunan kembar sebenarnya, cuma orang zaman sekarang kan punya anak ga banyak, cuma 1-2 aja, jadi ga keliatan bibit kembarnya



Mengasuh anak kembar itu merepotkan
Oh yes it is, walaupun mereka sangat akrab satu sama lain tapi mereka juga sangat sering bertengkar dan bersaing. Kenzo dan Kayden ini sanguin, jadi mereka ini rame dan senang bercanda. Bawaannya ketawa dan jerit2 melulu, tapi kalo pas bertengkar juga ga kalah ributnya. Semua barang harus sama dalam segi kuantitas, warna dan kualitas, gitu aja masih bisa jadi sumber pertengkaran kalo satunya iseng merebut barang saudaranya. Itu pas mereka udah toddler ya
Pas mereka babies, bisa dibayangkan repotnya. Pipis hampir bersamaan, poop hampir bersamaan, bangun hampir bersamaan, nangis bersamaan pula.  Jam biologis mereka hmpir sama karena mungkin kebiasaan yang dibangun secara bersamaan pula. Maksudku jam nyusu pasti disamain kan? jam makan juga, otomatis kurang lebih mereka poop dan pee di saat yang hampir bersamaan pula.
Pastinya jika punya anak kembar, u will need a hand or two.

Anak kembar mampu membaca pikiran saudara kembarnya
Itu kayaknya enggak juga, atau mungkin mereka masih kekecilan kali ya? Sekarang sih yang bisa mengerti Kenzo Kayden totally adalah Kimmy cece-nya hehehe. Kalo nangis meraung2 ngomong ga jelas, amazingly cuma Kimmy yang bisa mengartikan maksudnya.  

Si Kakak dan si Adik
Kenzo lahir duluan, Kayden belakangan karena Kayden di perut atas. Orang bilang Kayden kakaknya, dokter bilang Kenzo kakaknya. Secara perawakan Kenzo lebih besar dan lebih kakak daripada Kayden yang unyu dan kolokan. Ga pantes kayaknya Kayden  jadi kakak
Tapi apapun itu mereka cuma beda 2 menit aja, jadi aku ga ngeributin siapa yang kakak siapa yang adik. Just two minutes away, ngapain juga diributin.


Ditempatkan di kelas yang sama
Sekolah twin memisahkan kelas. Kalau di internet bilang sebaikanya satu kelas aja dulu, supaya mereka nyaman karena terbiasa ada satu sama lain.
Berdasarkan pengalamanku, mendingan mereka pisah kelas aja supaya lebih mandiri dan 'tidak ada sekutu untuk rebellion'
Di sekolah Kenzo dan Kayden lumayan terkendali, dan mereka pisah kelas. Gitu aja si Kenzo beberapa minggu ini reportnya kuning mulu. Yang ga mau duduk, yang mau jadi yang pertama, yang mau sepatu temennya lah.
Nah Kenzo Kayden juga ikut les musik dan sekolah minggu yang notabene akhirnya sekelas juga. Dan guru les musiknya tobat2. Mereka ga bisa dipisah, ditaruh pojokan bisa balik lagi jadi satu. Dan ga mau nurut, becanda melulu, ga serius dan akhirnya gurunya menyarankan gimana kalo jam kelasnya dibedakan?
Di sekolah minggu pun mereka juga ga mau diem, sampe gurunya kemaren bilang 'Paula...anakmu...terbang teruss, ga mau diem'
Akrab banget  -  kompak banget
Masing2 anak berbeda, mungkin ada yang bagus kalau ditempatin sekelas jadi bisa saling membantu. Atau malah ga bagus seperti Kenzo Kayden, mereka sih saling membantu, tapi saling membantu bikin rusuh hehehe
     

17 comments:

  1. Haii. salam kenal. udah sering baca blognya, tapi kali ini gak sanggup kalo gak berkomentar. hihihi..

    ganteng banget kenzo dan kayden. hehehehe.. *udah ini aja*.

    lucu yah kembar gitu. aku gak pernah kepikiran punya anak kembar. hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks i'ie udah mampir ke blognya :)

      Delete
  2. Mengasuh anak kembar pasti ekstra tenaganya, capeknya, tapi double juga senangnya ya. Mungkin ikatan batin juga kali ya ci, atau karena mereka masih anak-anak makanya Kimmy bisa dibilang ngerti bahasa ajaib si kembar dan bisa bantu terjemahin ke papa-mama...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nich, capeknya dobel, happynya dobel. Lucu kalo mereka becanda bareng

      Delete
  3. ganteng yaa twins..
    aku juga mau punya anak kembar ci, lucu aja liatnya.
    btw, dulu waktu aku hamil kan perutku gede banget tuh ci, suka dikira kembar. nah banyak tuh ci yg suka bilang, nanti kalo kembar 1nya buat gue yaa. hadeh. dikira anak kucig kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe thanks yaa i'ie....
      Iya lo, mereka pikir kalo kembar bisa dipisah2

      Delete
  4. ahhh aku pengen banget punya anak kembar...apalagi lucu2 kaya kenzo dan kayden..hehehe

    semoga nanti yang kedua bisa kembar...hahaha walopun dibilang capek ngurusnya gpp deh aku relaaa...hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin, bantu doakan biar anaknya kembaaaar :)

      Delete
  5. There is hope! I want twin so bad. ^^ Double segala2nya tp gpp dah yg penting bs rame rumah. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeeaaah there is!!! Berdoa yang kenceng ya :)

      Delete
  6. Haduh lucu banget kayden n kenzo.. ganteng :*
    aku sempet berpikiran klo dah nikah pingin punya anak kembar :D ahhaha
    salam kenal ci,
    Kunjung balik:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u...aku ikut wish u got a twin after merit kalo giti

      Delete
  7. aduhh lucunya kembarmu, jadi pengen juga punya anak kembar (tapi cewe) hahahaha.. hmm tapi bingung juga rephotnya pas newborn ya. gw newborn satu aja uda begadangan ga tidur, apalagi dua yaa T_T

    temen gw juga sama punya anak kembar dipisahin kelasnya, gw pikir itu ide bagus ya biar anaknya belajar mandiri ga saling bergantung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u. Anak kembar cewek lucu pasti, bajunya lucu2 tutu2 mengembang2 hehehe
      Pastinya kalo kembar harus ada yang bantuin jagainnya

      Delete
  8. Hello Paula...salam kenal ya.... i love reading ur writings... tiap kali baca blog km, aku isa ketawa ketiwi sendiri...hehe... ur children are soo adorable, btw... :)

    ReplyDelete