Ours

Ours

Tuesday, 29 March 2016

Music for my kids

I like music and i want my kids to love it too  Not just listening but also play musical instrument.
Jadi masih kecil2 udah aku les in musik.
Aku ikut cara kuno, pas masih kecil banget kayak 3 tahun sampe 5 tahun gitu adalah waktunya belajar rythm dan pengenalan dasar musik. Udah agak gedean belajar piano, gedean lagi baru belajar alat lainnya.

Jadi anak2 masuk musik ensemble dari usia 3 tahunan. Bisa apa? Ya ga bisa apa2 lah, tapi mereka happy, nyanyi menari main tambourine dsb. Happy banget lah pokoknya.
Tantangannya timbul pas mereka harus belajar alat musik piano. Karena awal2 belajar alat musik dari ga bisa apa2 itu menyebalkan.
I've been there, ga punya uang untuk beli piano kan? Jadinya aku les biola dari kelas 3 SD. It suck...beneran. Udah suaranya ga enak, capek, malem2, mengurangin jam main.
Kimmy juga gitu, awal2 belajar piano, maaaan yang nungguin sampe pingin nyungsep pengsan denger dia belajar piano. Udah nadanya terbatas, lagu sederhana yang lebih disederhanakan lagi, rythmnya kacau balau tak terarah. Keluar dari kelas pusing, apalagi yang main. Kimmy malas banget belajar, hampir saban latihan pake nangis bombai. Aku bilang saban latihan karena latiannya ga rutin, guru cadangannya bosen juga mendampingi latihan hehehe.

Apakah diberhentiin? Kan keliatan anaknya ga mau latihan piano? Kan anaknya ga bahagia belajar piano? According to me yang ikut cara kuno...paksaaaa. zaman sekarang jauh lebih enak lo, cara pengajaran guru2 zaman sekarang lebih lunak daripada guru2 zaman dulu yang kaku2. Guru sekarang baik2 sabar2 padahl udah dipesenin agar agak galak sedikit.
Jarang ada anak yang mau les piano, enak main di rumah lah daripada susah2 pencet tuts. Namanya juga anak, g tau apa yang bagus dan berguna, tau nya apa yang bikin mereka happy.

Yang aku mimpi2 itu kalo anak cowokku bisa main drum. Apalagi kalo pas masih kecil kan lucu. Yup ini obsesi pribadi mama hehehe
Jadi minggu ini adalah minggu trial musik.
Twin aku daftarin di beberapa trial drum kursus musik. Mereka sih happy2 aja. Yang lebih suka drum sepertinya Kenzo, kerasan dia di dalem studio pukul kiri pukul kanan.
Sementara Kayden secara konsisten bilang mau les violin aja. Bikin aku setengah mati heran. Sambil berharap mungkin Kayden jenius biola??? hihihi



Karena ini music week, aku keluarin biola mini nya kimmy, mulai program melatih kimmy. Dulu pernah aku ajarin tapi kayaknya kekecilan, jadi minggu ini dimulai lagi pelajarannya. Dan memang jauh lebih mending dari pas dia usia 4 tahunan. Lebih cepat nangkapnya, lebih manteb geseknya.
Kayden? Karena konsissten pingin belajar biola aku ajarin juga.
Ternyata....dia cuma menang konsisten aja, prakteknya kekecilan lah ya buat belajar biola. Geseknya ngawang dan ngawur, genggamannya kaku, dan matanya kemana2 hahaha. Pastinya belum kuat menjepit biola lama2. Kayden tahan cuma 3 menitan trus kabur. Sekarang kalo ditanyain mau les drum atau les violin? Dia jawab ' mau piano.....'
Setelah lebaran rencananya twin bakalan les drum, mereka mestinya bisa lebih tinggi dikit kan? Biar duduknya gak minggir banget pas main drum

Kenzo in action

Its Kaydeeen


6 comments:

  1. Biola nya itu ukuran berapa? Kayaknya kegedean buat kayden jd megang nya gak pas.

    Si emma pertama main biola pake ukuran 1/16. Baru belakangan ini mulai ganti ukuran 1/8.

    Iya kalo les musik emang anak anak kudu dipaksa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biola kim 1/8 man, agak kekecilan buat kimmy, kegedean memang buat twin.
      Tapi punyanya itu, mau beli yang 1/4 eman2 man :)
      Tunggu bisa dulu baru beli dah

      Delete
  2. I love kids with music also, ci ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaah, katanya juga kan kmusik bagus buat mereka, buat math nya. Yang mana ga berlaku ke aku. Bisa main musik tapi math nya ngepreess selalu

      Delete
  3. Wuih, canggih udah diperkenalkan ke alat musik sejak dini. Si Abby kan punya keyboard kecil ya. Tapi kok sampai sekarang belum keliatan niatan dia untuk main musik. Yang ada, dia malah cuma mencetin tombol demo lagu, terus joged2 sama lagunya hu hu hu. Kayaknya memang anak-anak gak bisa dipaksa ya kalau soal minat. Kalau udah sampe waktunya kayak Kimmy, akhirnya bisa sendiri kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurutku pribadi sih le, jarang banget ada anak yang berminat dengan musik sampe dia bisa memainkan lagu yang enak didengar atau banyak orang yang muji penampilannya. Aku dulu ga berminat main biola, minat sih sebulan, abis itu setelah ngerasain ga enaknya langsung ngambek. Kim juga, mana ada dia minat main piano, dia minat joged2 juga di kelas pengenalan musik dan pingin balik ke kelas itu. Tapi setelah aku bisa dan ikutan orkestra, minat nya jadi gede, Kimmy juga, dia mulai rajin piano setelah dia dipilih school band di sekolahnya. This is my opinion lo, based on my experience only

      Delete