Ours

Ours

Tuesday, 29 March 2016

When Our Nanny Sick (Easter Day)

Akhirnya tumbang juga baby sitter ku si sus Puji ini, setelah sekian lama ngerawat anak2ku yang bapil. Anak2 sembuh, susternya radang tenggorokan.
Selama 3 tahun lebih kerja di tempatku, Puji ini hampir ga pernah sakit berat, bapil aja palingan dan minum obat sirup umum sembuh dah.
Tapi Rabu lalu aku lihat mukanya merah semua, dan pas kupegang yak demam aja ya. Gitu dia kayaknya sungkan dan ga mau ke dokter, tapi aku paksa dengan dalih biar cepet selesai karena anak2 kan baru aja sembuh.

Emang lagi wabah sih di Surabaya, demam batuk pilek. Demamnya ada yang 3 hari ada yang 5 hari, tergantung ketularan virus apa. Ga cuma anak kecil tapi juga orang dewasa kena juga. 2 orang temenku tumbang kena virus itu, ga terkecuali sus Puji.

Diagnosa dokter katanya sih radang amandel, mirip sama penyakit Kimmy di Jakarta itu. Aku suruh dia istirahat karena besoknya aku bolos, Jumat libur kan, jadi pas.
Orangnya sih ga mau, dia bolak balik turun dari kamar mau urusin anak2.Tapi aku tetep kekeuh suruh dia ga boleh urusin anak2. Nanti nularin lagi, duh gusti....tobat ya, sampe malu telp apotik beli obat batuk.

Pengen niru ibu2 di sosmed yang terkenal dengan keandalannya mengasuh anak, aku juga dong hihihi
Jadi Kamis itu aku terbang beli telur mainan, borci2, mata mainan, ceritanya mau bikin hasta karya ala easter atau Paskah. Jadi siang itu kita bikin keranjang isi humpty dumpty.
Keranjangnya dari karton manila yang dianyam warna warni, trus telurnya bisa dihias pake borci warna warni juga. Kalo kata para ahli ini namanya melatih motorik halus, karena mereka menempel, menganyam yang membutuhkan koordinasi mata dan tangan. Dan melatih kreativitasnya juga.

Keterampilan motorik halus adalah suatu pelaksanaan yang terlatih dan merupakan suatu rangkaian kondisi yang melibatkan perbedaan isyarat dan koreksi kesalahan yang berkesinambungan dari kemampuan fisik ( tangan ) untuk menggunakan suatu media yang membutuhkan koordinasi mata dan tangan serta otot - otot kecil atau otot – otot halus (hasil pencarian mesin google)

Keren kan?
Tapi pada kenyataannya, cuma Kimmy yang doyan merangkai, menempel, dan bikin keranjang dengan menganyam. Kenzo cuma separoh jalan menganyam, dia paling suka menempel mata, karena matanya bisa goyang2. Paling parah Kayden, dia cuma bilang 'gak bisaaa, ga bisaaaa' tanpa usaha sama sekali. Bahkan disentuh aja enggak itu anyamannya, dia cuma menatap kertas2 dipangkuannya dan memelas ngomong ga bisaaaa, Kimmy akhirnya yang menganyam keranjang Kayden. Menempel juga Kayden ga suka, lagi2 dia bilang 'Kayden ga bisaaaaa' tetep tanpa usaha apapun, jadi pingin tau dia di kelas kek gimana ya? Gurunya gimana caranya bisa bikin Kayden menempel dan menggunting sendiri.
Trus Kayden bisanya apa? Kayden bisa mengaduk2 borci di mangkuk yang bling2 itu trus dihambur2kan ke lantai, yang langsung diikutin sama Kenzo. Berdua mereka main hujan2an dengan borci2 bling2. Ga cuma di lantai, itu borci nempel di kaki paha tangan mereka berdua. Borci itu susah dilepas, dan mereka berdua ga suka di badannya nempel borci2 bling, mereka cuma suka borcinya menyebar di lantai berwarna warni. Jadi mereka melakukan apa? Mereka mengibas2 tangan dan kakinya sambil berlari2 ga mau mandi. Jadi itu borci mencetat kemana2 sampai ke kamar mandi #lap keringet
Untung ini bukan lebaran ya, jadi masih ada mbak yang bersihin borci2nya.
Hasta karya yang seharusnya diprediksi makan waktu sejam, meleset jadi setengah jam aja. Bentar banget ya, kan ibu teladan ini jadi bingung sisa hari mau ngapain secara siangnya cuma beli telur sama borci.
Thanks to mbak yang bersihin serpihan borcinya
Sore habis mandi, kupas buah dong biar 4 sehat 5 sempurna, anak banyak serat, pup lancar. Ada alpukat trus aku kasih ovomaltine biar enak. Sus bilang anak2 kurang suka alpukat, mereka cuma suka kalo dikasih banyak Milo yang dicampur ke alpukatnya. Jadi aku kupas 2 buah alpukat langsung, bejek2 pake ovomaltine, dan suapin ke mereka. Separuh mangkuk aja yang habis, sisanya masuk ke perut mamanya yang udah naik 2 kg sejak ga nge gym ini. Alpukat lengkap dengan Ovomaltine penuh fat itu. eeeeaaaa....

Karena kehabisan bahan dan bingung mau ngapain, akhirnya lego dikeluarin. Educated banget kan lego itu katanya? Motorik halus juga toh ya? Dan mereka juga berkreasi dan meningkatkan kreativitas. hehehe
Dan main lego itu bisa sejam-an lebih lo....hehehe.

Malamnya, kita bobok pisah. Karena Kenzo kadang masih batuk, jadi dia bobok sama papanya. Kayden dan Kimmy sama mamanya di kamar anak.
Kami berdua (aku dan Sam) jelas bukan morning person. Sedangkan anak2ku morning person, yang menyebabkan kita berdua menderita kalo pas Lebaran. Jam 6 sudah melek semua anak2 kecuali Kimmy.
Ternyata oh ternyata, setelah dipisah gini baru ketauan siapa si morning person tulen.
Kayden! Dia jam 5 pagi udah melek ketip2 dan gangguin saudara2nya. Sementara Kenzo di kamar papanya masih nyenyak sampai jam 7, berkat Kayden di kamar anak, aku Kimmy dan Kayden sudah keluar kamar jam 6 pagi.
Besoknya, kita tuker dong, mungkin kalo suasana sepi dan mendukung, Kayden bisa tidur lebih lama. Jadi Kayden bobok sama Sam. Jam 6.30 aku buka pintu kamarku, disambut dengan gembira oleh Kayden yang sudah ngoceh2 dan nyanyi2 sendiri di samping Sam yang masih bobok entah dari jam berapa. Kayden langsung matanya membulat dan turun dari bed, lari keluar kamar, kayak anak habis disekap aja hehehe
Sam mengeluh dia bilang lain kali dia bobok sama Kenzo atau Kimmy aja, lebih anteng.

Acara ke gereja pun jadi tidak biasa. Karena sus walaupun ga masuk kelas sekolah minggu, tapi dia standby bersama suster lainnya di depan kelas. Kali ini, kupasrahkan aja semua anakku ke guru sekolah minggu.
Pas jemput aku udah siap2 dengan laporan yang aneh2 karena twin ini terkenal aktif dan ga mau nurut. Beneran, guru sekolah minggu nya bilang Kenzo nangis nonstop dari awal sampe akhir, alesannya
? Macem2

Syukurlah, sus udah sembuh Sabtu nya. #happy.
Sabtu itu supaya sus tetep istirahat kita jalan2 berlima ajah.
Makan pizza, main uno stacko, naik mobil kayuh, jalan2 di area food truck
Jadi Minggu bisa back to normal, mamanya bisa leyeh2 minum kopi sambil baca koran kalo pagi2. Bisa nonton Superman vs Batman malemnya, sekalian makan malem cuma sama papanya anak2, makan malem yang damai dan sunyi. Dan pastinya bisa bangun siang2 jam 8 atau bahkan jam 9 kalo pas kumat.
No wonder ya gaji sus itu mahal, demi nama kenikmatan duniawi hehehe



12 comments:

  1. ya ampun kayden bangunnya pagi banget..hehehe seru banget kegiatan tanpa susnya...boleh juga sekali2 tanpa sus ya cii..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..karena ga kebiasaan, jadinya rempong. Biasanya kalo udah seminggu jalan begini, kebiasaan juga loo

      Delete
  2. Huaaa ndk kebanyang ci ngasuh 3 krucil yg aktif gini ....mantappp ci
    tp enakan mana ni ada sus or ndk ada sus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini masalah terbiasa atau enggak sih sebenernya, tapi aku pilih pakai sus. Karena itu aku kerja sampe sekarang :)

      Delete
  3. Sesekali gpp ya ci tanpa Sus, jadi bisa puas main sama anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, kaloinget2 emang jadi kangen juga

      Delete
  4. Haha, gue jadi inget dulu sus gue juga sakit thypus, gue dua minggu nannyless. Seminggu dia di RS, seminggu lagi pulang ke yayasan karena masih harus bedrest. Tapi somehow, survived aja ya hahahaha. Itung2 jadi latihan buat gue kalo pergi tanpa Sus, dan akhirnya beneran di sini kagak punya sus. Borci = manik2 ya? Dulu nenek gue suka bilang ramboci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Borci sama dengan manik2.
      Survived sih le, namanya juga anak sendiri, pasti survived. Malah kalo diinget jadi kangen juga

      Delete
  5. "Gaji sus mahal demi kenikmatan duniawi..." --> ngekek aku baca ini...hehehe....very true indeed!! :)

    Btw, kalo buat aku bangun jam 8 itu trmsk morning person lho...*ketauan suka tidur nyaaa" ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lo sama, aku suka sekali bangun diatas jam 9. Sayangnya itu moment langka kalo sekarang hehehe

      Delete
  6. Adooh..puyeng gw bacanya. Begitu besar jasa Nanny-mu, Paul, mudah-mudahan dia gak minta resign ya. Umurnya berapa sih tuh Nanny? Gw baca gini langsung inget ART-nya nyokap gw yang sudah usia kawin tapi sampai sekarang belum punya pacar juga. Gw kuatir suatu hari nanti dia tiba-tiba minta resign padahal nyokap gw bergantung banget sama dia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah bentar lagi pasti resign, udah waktunya nikah dia hehehe, udah umur 21.
      Kalo sampai resign, ya mau ga mau harus penyesuaian lagi. Dia bukan nanny pertamaku :)

      Delete