Ours

Ours

Friday, 29 January 2016

Review Kopi Instan

Ini bukan endorse ya, cuma sekedar share aja, opini pribadi

Aku penggemar kopi kelas medium, bukan kelas berat soalnya cuma 2 cangkir sehari maksimal dan masih pake gula.
My true taste is black coffee with sugar hhhmmm.....and is not a fancy coffee at famous cafe or hotel. Justru aku demennya kopi instant rumahan, seduh sendiri di rumah.

Sayangnya aku ga doyan ampasnya yang ngambang2 kalo seduh kopi instan hitam. Apalagi kalo pas di kantor, duh ribet banget menyisihkan ampas. Geli sendiri kalo keminum.
Untuk alesan itu, aku pilih kopi  instan pake cream merk Nescafe yang classic. Selama bertahun tahun lo aku minum itu, ga ganti2. Pernah sih nyoba beberapa merk lainnya, cuma aku ga gitu suka, menurutku kemanisan, atau bahkan rasanya aneh.

Trus aku lihat aneka kopi Javabica di supermarket. Tertarik karena packagingnya menurutku menarik dan beda. Trus aneka ragam taste nya juga bagus penyampaiannya. Aku beli yang sumiyaki roast, atau kopi item biasa. Nyobanya sambil deg2an, soalnya aku beneran ga suka minum kopi ga enak atau aneh. Merusak mood seharian hehehe

Eh ternyata enak lo, mirip kopi yang kuminum pas kecil.
Tapi bukan itu yang bikin aku suka, Javabica ini kopi itemnya ampasnya halus sekali dan langsung turun ke dasar cangkir. Jadi seperti minum kopi item tanpa ampas karena aku bisa minum sampai hampir ke dasar cangkir.

Sayangnya, ...... peredarannya seret nih Javabica. Aku muter dari supermarket besar dan kecil, jarang banget ada Javabica. Misal ada juga bukan varian yang aku suka.
Jadi kalo ada yang ketemu Javabica yang varian sumiyaki ini, info yaaaa soalnya kehabisan stok nih.




Yang ini adalah varian yang terpaksa aku beli soalnya yang Sumiyaki roast abis.
Kalo yang item enak, kali aja yang pake cream aku doyan kan. Ternyata ga doyan, kemanisan dan aneh, huhuhuhu ruin my day.


Dan 2 varian lainnya yang aku belum beli tapi pingin nyoba.
Mau beli takut ga doyan hehehehe

Ini menarik soalnya katanya kayak coconut, belum pernah minum kopi campur degan kan hehehe

Pake cokelat, seharusnya enak ya
Yang bikin aku heran., kenapa Nescafe ga keluarin varian kopi item + gula ya?
Karena Nescafe bubuk kopinya juga ampasnya halus sekali, lebih halus dari Javabica. Cuma sedikit ada kecutnya aja. Mereka cuma keluarin sachet kopinya aja biar praktris sekali pakai, tapi gulanya takar sendiri.
Atau aku nya yang ga teliti, jangan2 Nescafe udah keluarin sachet instant kopi + gula? :)


Sunday, 17 January 2016

Proud to be Indonesian

Jakarta - Indonesia beberapa hari yang lalu diserang teroris. Di daerah Bundaran HI - Sarinah, tempat biasa aku visit kalo pas ke Jakarta. Denger beritanya pas siang2 bom2 awal, langsung up to date.
Wah kaget dan syok juga, mengutuk para teroris. Lah Indonesia kan negara yang mayoritas Islam, kenapa juga ada serangan? Kemudian baru sadar kalo teroris ini ga mengenal agama yang benar.

Selama ini aku ga pernah segitu bangganya dengan Indonesia, kecuali makanan dan alamnya.
Makanannya menurutku adalah makanan paling enak di dunia, aneka ragam dan cita rasanya kuat. Thailand juga cita rasanya kuat, tapi ragamnya masih banyakan Indonesia.
Alamnya luar biasa bagus, walaupun mungkin di beberapa negara juga bagus ya, tapi tetep aja Indonesia is one of the best country for nature.

Tapi kalo orang-nya, ....sorry to say, aku ga gitu bangga.
Ga doyan antri, doyannya main serobot. Kalo masalah ramah, orang asing banyak juga yang ramah.
Suka nyampah sembarangan, ada tong sampah tetep aja keluarin sampah dari mobil dan buang sembarangan. Jadinya banyak tempat2 yang jorok.
Dan perhitungan alias malas, kalau job desk-nya nyapu ya nyapu aja.
Ya ga semua sih, tapi cukup mewakili :)

Jadi kalo ke negara orang, aku suka membandingkan perilakunya. Aku ga banyak keluar negeri, palingan cuma asia doang. Tapi di negara tersebut aku menemukan banyak masyarakat yang lebih rajin,  lebih bersih atau lebih tertib. Kabarnya di negara tetangga yang ras-nya beda dengan asia juga ternyata lebih ramah dari negara kita yang terkenal ramah.

Sampai pas Jakarta attack beberapa hari yang lalu dan aku liat foto2 dan video masyarakat Indonesia di tengah2 serangan teroris.
Wow they are so brave (atau ga mikir panjang). Dan moto mereka yang demen nolong ga nolong yang penting kumpul itu sangat kuat ternyata. Mereka berkumpul di garis depan layaknya nonton sinetron, liatin polisi kejar2an dengan teroris.
Bahkan di deket mereka ada teroris pegang senjata pun, mereka ga lari tunggang langgang.
Ga ada takutnya bah!

Demikian juga hashtag #kamitidaktakut, its a powerful message. Dan tersebar dengan cepat di dunia maya, sampai pingin rasanya ikutan pasang hashtag itu. hihihi
Entah siapa yang awalnya menciptakan hashtag itu, pastinya its a brilliant move.

Dan polisi2 kita dengan pengaman yang minim tapi berani kejar2an dengan teroris, macam film serial Hawai 5'O. Ternyata ada toh polisi2 kita yang ga gendut dan keren, baru tau hahaha. Biasa yang doyan main semprit tilang aku tuh perutnya gendut2 dan tuwir2, ga pernah ketemu yang muda dan perutnya kempes kayak yang kejar teroris kemaren.

Salut dengan beberapa orang yang rela menolong tanpa pamrih. Kayak pak Gojek yang menolong wanita, atau cerita kalau goejk mau nganterin orang after attack for free. Entah benar atau tidak, salut!

Gak ketinggalan dengan tukang2 jualan yang kabarnya tetep aja jualan di tengah2 serangan. Kalo yang ini mereka pikir panjang, justru ada orang kumpul2 banyak gini adalah kesempatan mereka naikin omset. Lumayan kan untungnya jadi banyak.

Ngeliatin meme2 lucu yang berseliweran, aku bangga banget jadi warga Indonesia. Mereka mungkin ga tertib, tapi yang jelas mereka tangguh!


Thursday, 7 January 2016

Kimmy 7th Birthday

Late post dari April


Udah gede si Kimmy, udah 7 taon :) My not so little girl anymore
Tambah gede tambah pinter, tambah cerewet . Daya tahan tubuhnya juga udah beda banget dengan masa kecilnya yang kenyang antibiotik. Kimmy kecil yang masih aja keceng itu udah lebih kuat sekarang, udah ga pernah nyambangin dokter lagi, bahkan pas mamanya cacar air pun, walopun dia deket2 juga ga ketularan. Adik2nya bapil, susternya bapil, papa mamanya bapil, cuman dia aja seorang di rumah yang sehat, kalopun bapil cuma dikasih obat batuk item kentel herbal ibu dan anak, udah sembuh. Puji Tuhan banget pokoknya.

Ulang tahun kali ini, sepertinya dia ga ada mainan yang dipengen. Ada sih yang belum tercapai, baby alive yang bisa poop. Tapi mungkin dia merasa terlalu 'tua' untuk main boneka, dan udah tau itu boneka kalo udah poop beberapa kali ya udah, bosan dah dia.
Jadi Kimmy dengan manteb bilang pingin travelling ke Malang, ga jauh2 aja. Well dengan keinginannya ini, menghapus keraguan mamanya untuk pergi pelesir.
Biasalah, aku orangnya ga demen ribet, dan pergi pake nginep itu sama dengan ribet.
Kimmy mungkin niru ama-nya yang doyan pelesir, dia doyan nginep di hotel. Ya well, selama ini dia nginepnya di hotel yang bagus, coba kalo di hotel yang standard, mungkin ceritanya beda.
Dikasih penawaran ini itu ga mau, maunya travelling. Yo wes lah.
Padahal ancemannya udah banyak, ada yang batuk dikit aja, batal deh perginya. Emang dasar jodohnya si Kimmy untuk ke secret zoo, ga ada satupun yang sakit. So tanggal 24 - 25 April pergilah kita ke Malang, dan kemaren tanggal 2 Mei.....si Kenzo pilek batuk. Eeeeeaaaaa, pas bener deh sakitnya.Trus juga udah dikasih peringatan, no cake, no gift, tetep aja maunya travelling.

@ Batu secret zoo
Paginya tanggal 23 April, kita tetep dong kasih dia kue ber lilin. Dan dia harus make a wish juga, its a tradition. Masak tega bener ulang tahun ga ada kue. Kimmy sih ga ngarep kue, secara berhari2 yang lalu kita udah bilang ga ada kue buat dia. Jadi pagi itu tanggal 23, lagi pake baju, dia surprised banget dah ada kue plus lilin. Adik2nya juga excited banget, mereka doyan kalo ada yang ulang tahun.

Tanggal 24 berangkatnya rada ga semangat, males2an. Kita berangkat sekeluarga besar, termasuk sepupu Kimmy, nai2 dan yeye-nya. Berangkatnya kesiangan pula, jam 8.30 baru berangkat. Tapi emang ini hari-nya si Kimmy, jalanan lancar, hawanya enak, gak ujan gak panas. Dan secret zoo-nya ga rame. Its really a gift from God to her. Nyampe Secret zoo jam 11.30an siang, dan sesuai tradisi, kita piknik di lapangan parkir. Mertua demen banget makan siang di lapangan parkir hehehe. Ga gelar tiker tapi, cuma makan aja pake bungkusan di dalem mobil.

Si twin gratis masuknya padahal tingginya udah lebih dari 85 cm, caranya? ya digendong biar ga diukur tingginya hehehe. Nah, masuk ke area pertama itu, malesnya udah ilang. Yang ada malah hepi, hawanya enak bener, dingin tapi ga ber-angin, ga ujan juga, dan ga ada matahari.
Kids hepi banget liat binatang, padahal Kim udah 3x ke secret zoo.
Secret Zoo sendiri terawat dengan baik, binatangnya, fasilitasnya. Jadi hepi kesono.

Kita cuma muterin secret zoo nya aja, dengan rencana ga lama2 di secret zoo biar bisa berenang di hotel.
Eh yang ada malah sampe secret zoo-nya tutup. Kita lama di wahana, its for free!!!
Kimmy main hampir semua wahana, baik yang dia ga boleh maupun boleh. Kalo ga boleh, air matanya merebak kemana2. Tapi ada yang beneran dia ga boleh karena takut kelempar saking kecilnya
Sam hepi juga karena anak2nya berani nyobain semua wahana, termasuk si Kenzo dan Kayden.
Susternya sekalian nyobain wahana2.
Its fun, dan harga makanan dan minuman dalam secret zoo termasuk ga mahal lo. Es degan pake madu cuma 8000 perak. Sama lah kayak di mall.
Overall its a happy day.

 
 
 
 

 
 
 
 
 Puasssss mainan
Pulangnya udah agak gelap, so kita langsung cari makan. Maunya di Dragon Pheonix yang katanya enak itu, sayang nya semoa ruangan di book untuk pesta, jadi kita makan di cwie mie Gloria Malang. Enak juga kok

Makan di Malang? Iya di malang karena kita nginepnya di Malang, di hotel Harris Malang. Kita suka disono karena kids friendly dan kesannya modern dan simple. Benernya sih ada yang nawarin di Singhasari yang kita juga pingin, sayangnya penawarannya dari temen blogger via email di gmail yang passwordnya lupaaaa jadi gak pernah dibuka. Hiks
Paginya ditest renangnya udah bisa belon

Twin dan susnya balapan slide

Kayden dan susnya menaaaang

Sampe hotel tinggal boboknya aja, kita pesen 4 kamar, our family sendiri pake 2 kamar. 1 kamar buat kita berdua, 1 kamar lagi buat sus dan kids. Twin pake baby cot, and it seems comfy lo

Paginya ga ada acara sama sekali, cuma makan dan berenang. Udah lupa sih seberapa dinginnya kalo berenang di Malang. Aku sih demen nonton aja sambil minum teh anget manis
Sementara anak2 ga mau mentas2. Si kecil Kayden udah membiru saking dinginnya, tapi kalo diangkat nangis sambil bilang 'bilum, biilluuum' Tuh kan, bilang belum aja sampe keseleo jadi bilum
Kimmy juga gemeretekan bibirnya, tapi tetep aja kayak duyung kesana kemari. Cuma Kenzo yang lemaknya tebelan dikit, menter dia ga pake acara geter2. hehehe

Makan paginya sendiri cukup lengkap, egg corner, western food, indonesian food, bubur soto, noodle corner,  cereal, roti2an, salad sampe jamu corner dan bubur ketan item.
Anak2 makannya jelas ga konsen, mereka maunya cepetan nyebur ke kolam. Mereka makan seuprit ini seuprit itu. Haiiisssshhh Cereal ga abis, roti cuma secuil, telur ga mau, bubur 2 suap aja. Terakhir yang mereka mau cuma gadoin Keju Kraft, masing2 selembar. Oh well iklannya kan 1 slice keju sama dengan segelas susu toh?? Jadi ya dianggap cukuuuup

Sam ikut berenang sampe jam 10-an, trus sementara anak2 mandi dan ke kids corner, papa mamanya bobok siang. Memang usia ga bisa dilawan.
Jam 1an kita check out, trus ke ayam bu sri untuk beli ayamnya aja dan gorengan. Sambil makan duren hehehe
Makan siangnya sendiri di Miraza, ga gitu enak sih.

Pulang juga jalanan lancar ga panas ga macet, anak2 teler bobok semua kecuali Kimmy.
Overall, Kimmy happy. And its really nice of her to have a trip for her bday. Karena yang hepi tentunya banyak orang bukan cuma dia doang.
Next year mau apa untuk ulangtahun Kim?
'Travelling lagi'
:)









Superheroes Training Center

Ini bener2 late post, tertunda 6 bulan. Lupaaaaa

Twin tanggal 12 Mei ngerayain ulang tahun.Benernya tanggal 9 Mei. Ya maklumlah, sekolahnya cuma 2x seminggu, ultahnya jatuh di hari Sabtu, otomatis ya ultahnya di sekolah dirayain di hari Selasa, karena hari sekolah lainnya adalah hari Kamis.
 

Twin sendiri belum gitu ngerti kalo mau dirayain. Mamanya dan suster2nya heboh nyiapin goodie bag, mereka sibuk hambur2in pita dan kertas.

Seperti biasa, keinginan boleh luar biasa, tapi sejalan dengan waktu, keinginan itu jadi realita yang seadanya hihihi. Pinginnya ya bikin ultah yang agak beda dikit, tema nya Superheroes dong.
Pinginnya :
1. Pakai sweet corner yang dihiasi gedung2-an dari kotak kardus yang dibungkus kertas kado (batal)
2. Goodie bag-nya pake tumbler (ini oke-pesen di orang)
3. Snack untuk goodie bag-nya semua ditempelin dengan kertas bertema serupa (batal- snacknya langsung masuk aja ke tas-nya)
Simple bag aja, maunya dikasih brand superheroes, tapi ga sempet


4. Tumblernya pake mika dengan hiasan tema (batal, cuma pake mika polosan aja)
5. Sweet corner pake donut dan puding home made (batal pisan)
6. Yang ultah pake kostum (batal - jadinya pake kaos dengan logo superheroes plus mask dan jubah ala kdarnya)
7.Semua anak di kelas pake mask (ini oke juga)
8. Tas goodie bag ditempelin logo superheroes (batal)
9. Tas goodie bag hand made biar murah (ini oke, dikerjain sehari borongan langsung sampe jam 11 malem, hadiahnya kita makan sate rame2 sama lontong dengan suster2 yang begadang dan encok soalnya bungkuk selama bikin tas kertas)
10. Undangan home made (batal - bikin langsung jadi pesen di org lain)

A very simple bday cake
 

Yang penting niat yak.
Untuk kue ulangtahunnya memang rencana awal ga mau yang gede2. Simple aja, udah pengalaman anak 3 saban tahun pesen kue tart. Yang ada yang makan para susternya, karena papa mamanya ga doyan tart, anak2nya ga hobi makan tart juga, seringnya kebuang deh saking lamanya habisnya.
Beli tart bunder doang 18 cm each dengan hiasan logo aja. Super simpel.
Dan jadinya pas HH beneran dah simpel banget :)

HH, kita datengnya telat doooong, biasaaaaa
susternya udah heboh nelponin kita, bilang kalo udah ditungguin miss nya di dalem kelas.
Duh sori ya miss.
Dateng langsung susun2, untungnya cuma susun kue tart kecil 2 biji dan tas goodie bag aja. Untuk gurunya kita kasih sekotak brownies Libby + tumbler. Emang kita lainin untuk miss-nya, masak miss-nya dikasih susu kotak?
Superheroes berdoa
 
Acara simpel aja, saya cuma request minta ada anak2 difotoin pake mask semua.
Dalam bayanganku sih, bakalan seru, ada anak2 pake mask sedang mengacungkan tangan. Kenyataannya ? twin doang yang heboh soalnya karena udah terbiasa di rumah teriak2 'supelwiwoooo'
Lainnya bengong semua, ada yang mask-nya kesempitan, ada yang ga mau pake mask, ada yang bahkan ga mau foto, ada yang pas pake mask matanya ketutup. Wes pokoknya beda jauh dari impianku.
Tiup Lilin

Temen2 sekalas
Ini kayaknya lebih teratur ya...


Ada kejadian, begitu kue dipajang, Kenzo iseng towel tuh kue sampe bocel. trus ditegur dong sama miss-nya, mungkin karena malu, hebohlah Kenzo nangis sampe terisak2.Haiyah
Kan aku takut dia muntah, soalnya semua anak2ku kalo pas nangis doyan banget muntah.

Setelah tiup lilin, bagi2 kado, doa trus bagi2 goodie bag trus pulang deh.
Cuman gitu aja, cuma 20 menit acaranya, tapi mama papanya bela2in cuti segala. Hahahaha
Yang pasti reaksi twin dan Kimmy beda pas ultah di kelas. Kalo Kimmy dulu malu2 kucing keliatan papa mamanya dateng. Sedang twin lebih ekspresif dan hepi liat papa mamanya dateng.
Acara ultah begini lebih kearah pingin twin ngerasain experience-nya aja. Mereka sering dapet undangan ultah di sekolah, pastinya pingin juga dirayain kayak temennya kan. Tiup lilin, maju ke depan, dapet kado sekerdus :)
Dengan dirayainnya ultah twin di skul, selesai sudah acara bday twin. hehehehe
Happy Bday my boys, 3 years old and you've rocked our life.

Most fave thing

Monday, 4 January 2016

Mengatasi anak susah makan

Siapa yang anaknya doyan makan? #angkat tangan.
Siapa yang anaknya susah makan? #angkat tangan

Nah lengkap anak2ku. Yg twin doyan makan, jie2 nya susah makan.
Jadi aku merasa experience ku udah cukup untuk mereview masalah anak susah makan.

Kimmy bisa makan sendiri itu kira2 pas SD. Sebelumnya? Ya disuapin. Kimmy dari kecil susah makan tapi doyan susu untungnya. Ya ga untung2 banget sih, secara mamanya ga ASI jadi itu kaleng susu bisa diloak saking banyaknya. Sebulan 8 kaleng besar 900 gr hohoho high maintenance kamu ya Kim.
Kimmy kalo makan susah dan lama. Jadi kalo sus pulang, tantangan terbesar adalah kasih makan kimmy. Picky eater iya, gtm iya. Kalo liburan lebaran Kimmy jadi kurusan soal beneran aku bukan mama2 telaten suapin anak. Yang penting ada makanan masuk perutnya udah bersyukur. Berapa lama kimmy makan? 2 jam ! Itu art dan sus nya tobat2 kalo suapin Kimmy makan. Apa makanan kesukaan nya : ayam goreng kfc dan bebek goreng.

Bersyukur ternyata anak2 cowokku gembul2. Mereka baru 3.5 tahun tapi udah bisa makan sendiri lo. Entah ini hebat atau memang sdh seharusnya, hahaha soalnya comparisonnya kan si Kimmy yang lamaĆ a sekali baru lulus dari disuapi.
Mereka makan juga cuma 20 menit paling lama. Dan kerennya lagi mereka ga picky eater. Brokoli ok, wortel boleh apalagi ayam waduh bisa melirik meja makan terus. Tempe goreng? Sampe ditungguin klo lgi nggoreng tempe. Kalo masak soto? Kenzo makan cuma 5 menit ajah, makan sendiri looo. Aku masih merasa wow amazing punya anak model gini.

Nah ini nih tipsnya yang aku dapet dari melanglang buana via net untuk anak yg susah makan yg udah aku praktekin ke kimmy tentunya. Semoga membantu
1. Makanan dibikin bento lucu2.
Result : ga berhasil. Kimmy cuma liatin sambil senyum2. Udah sampe situ aja tahapannya. Senyum2 liatin



2. Bikin makanan kesukaan anak
Result : karena kim demen cuman ayam goreng kfc dan bebek goreng, ya ga mungkin seminggu 3x makan kfc dan bebek goreng kan?

3. Sayur disembunyikn ke berbagai bentuk
Result : kimmy picky eater yg lidah perasanya sangat sensi bahkan bawang putih yg kurang halus aja kerasa. Bawang bombai potong kecil2 kerasa. Juice wortel kalo perbandingan jeruknya 5 : 1 dgn wortelnya baru mau. So its failed

4. Dikompetisikan
ini sih ide mamanya sendiri, kan memang anaknya kompetitif, dilombakan dengan adik2nya sendiri
Result : kimmy sih berupaya, apa daya kemampuan ga ada, jadi dia tetep kalah. Makan sambil ngomel defensif ttg kenapa dia bisa kalah.

5. Dimarahi
Result : sejauh ini cuma cara ini yang bisa mempercepat makannya beberapa menit.
hohoho

Jadi, sampe sekarang ini berapa jam kimmy makan? 2 jam itu tadi masihan.
Sampe2 ya ada salah satu art yg rajin nanyain menuku. Pas aku blg ayam goreng dia bilang
' aduh asik kimmy nanti makannya ga terlalu lama'
Hahaha sampe segitunya, kebetulan emang dia yang kebagian urusin kim makan.

Niru siapa kimmy? Kayaknya aku. Hahahah
waktu kecil aku juga ga suka makan. Jarang lapar dan jarang kepingin makan. Sukanya mainan, kalo udah main ga kerasa laparnya. Malah paling bete klo pas lagi main trus dipanggil makan. Rasanya mengganggu sekali acara makan ini. Kenapa harus makan sih? Doyannya juga sama kering2 kayak kimmy. Sosis lapchiong goreng, dendeng goreng, telur mata sapi goreng. Wuih kalo 3 menu itu digabung aku makan bisa cepet. Ya sejam kayak si kimmy. Dasar buah simalakama.

Kapan aku sembuh dari penyakit ga suka makan? Waktu kerja. Waktu kuliah masih jarang makan makanya kurus kering. Entah kenapa pas kerja rasa lapar itu mulai menyerang. Dan kayaknya lidah perasa jadi kebuka kuncinya. Semua makanan terasa enak dan pingjn nambah. Jadi mungkin solusi untuk anak gtm adalah...tunggu dia besar  hahaha

Tapi ya semua itu ada positif negativenya. Punya anak doyan makan kayak kenzo kayden memang menyenangkan. Makan cepet bersih ga pilih2. Kalo ke restaurant, banyak tante2 yg suka ngeliatin twin makan. Kecil2 lahap. Yah mereka bertiga kimmy kayden kenzo nasi 2 piring masih buat bertiga. Aku bisa ngelihat masa depan, kalo twin gedean, udah cowok, puber, doyan makan pula dari kecil.

Udah kebayang Kenzo dan Kayden makan di restaurant 1 orang 1 nasi ga cukup.

' Papa....Kenzo / Kayden mau nambah masih laper!!'

Kyaaaaa....






Ini siapa? Kimmy kecil hihihi


2015 Efek Gaji Buruh


2015 ini tahun yang berat untuk perekonomian. Karena bekerja di perindustrian yang B to B (business to business) aku merasakan sendiri banyak perusahaan yang gulung tikar. Sam bekerja di industri B to C (business to customer) juga gak jauh beda.
Salah satunya juga karena efek dari kenaikan gaji buruh. Menurutku pribadi sih, gaji buruh boleh2 aja naik setinggi mungkin, namun harus diimbangi dengan kualitas kinerja, yang mana di Indonesia ini kayaknya masih kurang. Beberapa perusahaan yang based international mulai besar2an mengurangi tenaga kerja dan menggantinya dengan mesin. Sedangkan yang medium kebawah mereka mulai berencana untuk relokasi, langsung pindah negara sekalian.

Kenapa? Karena perbandingannya begini, dengan mesin yang sama, mereka mendapatkan result atau hasil yang berbeda di China atau di Indonesia. Gaji UMK di China setauku Rp 4 juta keatas, 2x lipet gaji UMK di Indonesia. Tapi kalo di China 1 mesin butuh 4 orang, di Indonesia kalau mau dengan result dan kecepatan yang sama, mereka butuh 8 orang. Kalau gaji di Indonesia cuma setengah dari China, its fine with them. Lah tapi kalo gaji udah Rp 3 jutaan kan jadinya kalo kerja di Indonesia jadi lebih mahal jatuhnya, dan kabarnya akan naik terus lo UMK ini, mereka cepet2 relokasi (kebanyakan ke Vietnam) terutama untuk pabrik2 yang padat karya.

Kerjaanku muter2 pabrik lain juga, ngobrol2 juga, jadi sedikit banyak aku tahu kinerja buruh di Indonesia. Ga mewakili sih, kan ga semua pekerja tuh seperti yang aku lihat.
Istilahnya apa ya...kurang bertanggung jawab dan kurang punya rasa memiliki. Maklum sih, emang ga ikut punya saham kan ya, hohoho.
Mereka selain bekerja standard dengan kecepatan yang standard, juga ga mau repot atau dipacu.
Di pabrik tempat ku bekerja sendiri ada yang namanya mesin cetak karet. Kalau mau rajin aja, bisa 4x tutup mesin cetak (ada bukti nyata) . Tapi nyatanya di tempatku cuma 2x tutup mesin.
Dianalisis dong, problemnya ternyata di speed. Kecepatan sumber daya manusianya, jalannya lambat, dan kerjanya satu-satu, mau jalan dari kiri ke kanan aja lamban sekali.

Iya sih, kerja cepet dan kerja lambat gajinya sama. Kebanyakan moto-nya memang begitu Itu jangka pendeknya, jangka panjangnya beda dong. Atasan pasti lihat hasil akhir dan menghargai yang bekerja dengan baik. Kalaupun ada atasan kurang ajar yang gak lihat, Tuhan ga merem juga. Masak udah kerja berat2 dari dulu sampe sekarang cuma bagian disuruh2 doang.

Perusahaan yang gak relokasi akhirnya menekan karyawannya dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah kalo ke belakang di-menit-in, hehehe, kentara banget kalo ke kamar mandi demen lama2.

Kenaikan UMK kalo ga diimbangi dengan kualitas kerja, hasilnya pasti buruk.
Karena
1. Perusahaan relokasi yang berakibat pada banyaknya pengangguran -> ga menikmati kenaikan UMK
2. Perusahaan menaikkan harga jual -> walaupun gaji naik tapi kalau barang2 naik kan ya sama aja -> ga menikmati kenaikan UMK
Buntut2nya masyarakat medium ke bawah juga yang merasakan akibatnya.

Kayak aku sekarang nih, susu naik, uang les naik, belanja pasar naik, gaji sus naik.
Semua pada naik, kecuali satu yang belum ikutan naik
Apa itu?
Uang gaji ku
Bwahahahaaha



Friday, 1 January 2016

Skin care yg ribet

Ini salah satu resolusi 2016, rajin2 merawat face and skin. Untuk rutinitas pagi sih udah cukup bener kayaknya. Tapi malemnya habis bersihin muka trus pinginnya langsung merem ajah. Padahal udah beli beberapa merk night cream and eye cream. Tetep aja pakenya bolong2.

Kulitku sendiri dari muda memang ga bermasalah. Normal dan teksturnya cukup baik. Perawatan sangat simple dan sangat sederhana. Beberapa kali sempet cek kulit di berbagai tempat yg berbeda, dan rata2 bilang no problem.

Tapi usia memang ga bisa bohong. Pas 30 keatas begini udah mulai kerasa ada kerutan di area mata dan wajah mulai kering.
Jadi mulai cari2 skin care yang bagus buat kulit terutama face and eye.

Dari kuliah kayaknya ya aku baru mulai pake pelembap. Merk Olay dan bertahan sampe skrg ini. Pelembap + bedak itu aja sampe usia 30. Bedaknya yang gonta ganti. Kuliah cuma pakai bedak bayi tabur biasa, ceplok2 trus tempelin di muka haha.
Pas udah kerja mulai agak centil pake bedak padat merk Maybelline. Mau kerja mau pesta, apapun bedaknya ya Maybelline. Setia banget ya kayaknya hehehe

Trus ada kesempatan ke Korea, nah disono mulai beli bb cream merk etude. Pakenya sambil terkagum2, gileee mukaku mulus banget. Bikin rutinitas pagi jadi nambah : olay pelembap - bb cream etude - bedak maybelline.

Mulai setengah tahun yang lalu, entah kenapa merasa bahwa skin care nya kurang deh. Trus liat ada kerutan dan mulai deh kecentilan takut tua. Nyoba2 beli miracle water skii yang super famous. SKii sendiri aku kenal sejak kexil, kan sliweran tuh iklannya di majalah2 wanita. Ga nyangka akhirnya beli juga pas udah usia 35 hehehe.
Awal beli miracle water langsung jatuh cinta. Muka berasa lebih halus dan kenyel. Entah sugesti entah kemakan iklan pokoknya krasanya begitu.

Nah dari situlah datangnya awal skin care mulai pingin macem2. Eye cream lah, night cream lah, pelempab yang merk lain dsb. Pinginya merk biasa aja, jadi aku benernya udah punya 2 eye cream merk erha dan olay (lagi2 olay) dan cream malem merk olay. Cuma aku jarang bamget pakenya, males dan salah satunya karena habis pake cream, mukaku jadi oily. Males aja malem2 mau bobok dengan muka lengket.

Diracuni pula sama mbaknya skii pas mereka ada pameran. Yg katanya mukaku udah harus dirawat anti aging dsb. usia skin ku sendiri memang lbh muda dari umurku. Di skii usiaku dihing 28 tahun dari usiaku skrg yg 35. Lumayan kan ya. Katanya kalo mau mempertahankan harus pake ini dan itu. Skii sendiri seri nya banyak sekali, dan beberapa di renew. Aku jadi bingung sendiri awalnya pake apa dan kemudian disambung dengan apa. Kayaknya banyak banget. Endingnya aku beli FTE yang memang udah rutin aku pakai, pelembap RNA anti aging dan stempower eye cream.
Menurutku begini udah banyaaaaak. 

Itu skin care yg paling mahal yang pernah aku beli selama ini. Haha mungkin memang sudah waktunya investasi muka agak mahalan dikit. Dan mungkin karena mahal itu tadi aku jadi semangat pake skincare malem2. Sudah 2 minggu ini lo rekor saban malem sibuk depan meja rias oles2 muka.

Hasilnya, skii banyak orang bilang ga instant. Tapi menurutku udah keliatan banget hasilnya. Kalo pake skii malam2 muka ga berminyak dan ga lengket. Malah glowing dan kenyal. Entah sugesti lagi atau gak tapi aku krasa mukaku teksturnya jadi lebih bagus. Diakui juga oleh Sam, penting itu dapet pengakuan dari suami. Secara dia yg beli dan dia juga fans utama hahhaha.
Puncaknya, aku yg ga pede kalo keluar rumah ga pake bedak, kemaren keluar rumah naked face. Males pake bedak.
Biasanya ya kalo ga pake pelembap, muka kenceng dan kering sedangkan kalo pake pelempab harus pake bedak atau kalo ga ya bakalan oily banget. Tapi kemaren pas dinner aku cuma pake pelembap skii aja cieeeeeeeee
Muka lembap tapi ga oily, malah glowing kayak artis koreaaaa hahahha
Naked face. Ga pinter foto. Tapi menurutku teksturnya better

Jadi gini nih rangkaian rutinku ( udah kayak beauty blogger aja)

Pagi : ponds sabun muka - fte skii miracle water - skii toner clear lotion - rna skii pelembap - stempower eye cream - bb cream etude - bedak maybelinne ( massiih setia)

Malem : milk lotion viva - fte skii miracle water - skii toner clear - rna skii pelembap - stempower eye cream.

Banyak yaaaa, no wonder aku ke kantor selalu terlambat sekarang. Nungguin masing2 skin care meresap soalnya hohoho.