Ours

Ours

Friday, 26 February 2016

Kolam baru di Surabaya

Ini perum elite lo..tapi avanza ny jadi kayak monster danau lochness
Ada kolam renang baru di Surabaya
Banjir dimana2.
Daerah rumahku memang langganan banjir. Tapi ga pernah terjadi yang seperti kemaren lusa. Area yang biasanya kering jadi banjir. Yang biasanya banjir...ya jadi kolam.
Pada hari itu kayaknya separoh karyawan atau pengusaha pulang terlambat. Aku termasuk dong, Sam juga. Biasanya jam 6 aku udah nyampe rumah, lah kemaren lusa aku nyampe rumah jam 20.30 malem.
Sam mampir ke mall dan nonton bioskop, alhasil dia nya nyampe rumah jam 10 malem. Temenku ada yang ngendon di kantor sampe jam 9 malem, ada yg kelayapan sampe jam 11 malem.
Yang jadi drama adalah bensinku mau abis. Lewat sih beberapa pom bensin tapi saking penuhnya jalan (dan malasnya belok) akhirnya ditunda2. Sampe kena macet total di daerah mayjend dan pom bensin masih 1 km laagi. Deket kan 1 km? Deket kalo lancar, bikin deg2an kalo untuk 100 meter aja aku butuh setengah jam.
AC dimatiin, dan komat kamit berdoa supaya bensinnya cukup.
Masuk daerah yang memang banjirnya tinggi aku nepi setengah jam. Pas itu udah full tank, jadi berasa happy dan nyante. Tapi ya lama2 bosen lah duduk browsing dipinggir jalan. Akhirnya nekad masuk jalan keramat kalo banjir yaitu di area satelit.
Pas awal masuk...santeee mobil depan masih keliatan knalpotnya. Nah masalahnya makin lama itu knalpot makin tenggelam dan akhirnya ga ada. Kyaaaaaa aku mulai panik, beberapa kali menerjang banjir teteup ya keder juga. Untung jalannya sepi, yang paling nyebelin kan kalo pas banjir, pake macet, trus di depan kita ada orang nuntun motor ga mau nepi atau ada tole2 kecil berenang dan belagak g liat ada mobil mau lewat.
Disitu aku merasa bego. Ya disitu....di jalan satelit itu pas ngeliat mobil di depan tenggelam se ban lebih, sama2 innova. Kaki udah gemeteran ga terkendali dan aku mau semaput. Beneran udah mau semaput, dan kembali komat kamit berdoa supaya ga mogok dan memaki diri sendiri, bego amat siiiiih.
Tapi Puji Tuhan nyampe dengan selamat melewati kolam baru di surabaya tercinta yang makin lama kok makin mirip ma jakarta.
Ini bukan banjir pertamaku, bukan pula banjir terseramku. Banjir paling serem adalah ketika aku ke kompleks industri yg isinya supir truk semua. Ngantri di tengah kolam,  mobilku kecil sendiri lawan truk roda 6 yg tinggi2. Dan mereka jalannya..lambat macem keong. Kalo sampe mogok, mampus dah.
Kalo daerah keramat satelit udah beberapa kali lewat tapi tetep berasa seremnya yaaaa.
Ini deket rumah..bukan jalan keramat tapi langganan banjir jg
Ini daerah satelit juga tapi yg biasanya ga banjir tp kemaren lusa jadinya begini, bisa bayangin yg daerah banjirnya gimana??

Sunday, 14 February 2016

Mitos dan Fakta Anak Kembar

 
Walaupun aku punya anak kembar, kayaknya jarang ya aku posting tulisan tentang anak kembar.
Ini fakta dan mitosnya anak kembar aku ambil dari beberapa sumber untuk mitosnya. Faktanya berdasarkan pengalaman pribadi tentu saja.

Dianugerahkan anak kembar adalah salah satu pengalaman luar biasa.
Masa mengandung, masa melahirkan dan masa membesarkan mereka. Really thankful walaupun aku tidak ada keturunan kembar namun diberi surprise anak kembar. Bikin 1 gratis 1.

Jadi untuk ibu2 diluar sana yang pingin kembar tapi ga ada keturunan, yes there is a hope.
Kenzo dan Kayden memang aku tunggu2, dan diharapkan karena selang waktu dengan Kimmy kakaknya yang hampir 4 tahun. Sempat ingin ke dokter untuk tanya jawab supaya anak kedua kita cowok, secara Kimmy udah cewek. Keluarga Berencana kan ceritanya, biasa di slogan kan gambarnya 1 cewek 1 cowok.
Tapi mamaku melarang, dia bilang berserah aja sama Tuhan, ga usah konsultasi segala atau minum apapun. Takutnya iya kalo cowok beneran, kalo jadinya beda bukan cewek bukan cowok gimana?
Ah, mamaku itu....bikin aku parno juga akhirnya dan batal ke dokter.
Cuma aku udah wanti2 ke Sam, harus menerima apa adanya cowok ataupun cewek yang penting kan sehat dan normal.
Jadi aku cuma liat di internet cara mendapatkan anak cowok, dimana yang aku jalanin cuma 1 aja, berhubungan ketika pas masa subur. hehehehe

Nah ini dia yang biasanya ditanyain orang-orang atau disarankan sama mereka

Kalau punya anak kembar dengan satu plasenta, sebaiknya hidup atau tinggal terpisah
Yang ini aku baru denger sih, tapi pastinya kutolak mentah2 jika ada yang menyarankan anak kembarku dipisah. Sebenarnya pas twin lahir, udah ada yang minta lo, macem barang limited edition aja pake dipesen trus dibikin dulu. Mereka pasangan yang sudah lama sekali tidak punya anak, dan dengan polosnya ketika tau aku mengandung anak kembar cowok-cowok dan sudah punya Kimmy, mereka bilang 'buat kita satu ya anaknya...' Dan mereka serius lo.
Speechless. 
Lucu begini masak tega dipisah hehehe


 Apabila salah satu anak sakit, saudara kembarnya akan ikut sakit
Yang ini iya memang, cuma karena Kenzo dan Kayden serumah sekamar, no wonder kalo pasti saling menulari kan? Dipisah? kayaknya nggak mungkin, entah karena terbiasa atau memang kembar, mereka kalo berjauhan pasti saling cari. Wong satunya sakit duluan dan lesu bobok di kamar, satunya pasti bingung bolak balik masuk kamar, keluar lagi, masuk lagi keluar lagi.

Hanya anak kembar yang bisa memiliki keturunan kembar
Nope, di silsilahku keluargaku dan Sam ga ada anak kembar. Cuma kembarku ini fraternal, yang mestinya berdasarkan keturunan. Dokternya sih bilang, bisa aja ada keturunan kembar sebenarnya, cuma orang zaman sekarang kan punya anak ga banyak, cuma 1-2 aja, jadi ga keliatan bibit kembarnya



Mengasuh anak kembar itu merepotkan
Oh yes it is, walaupun mereka sangat akrab satu sama lain tapi mereka juga sangat sering bertengkar dan bersaing. Kenzo dan Kayden ini sanguin, jadi mereka ini rame dan senang bercanda. Bawaannya ketawa dan jerit2 melulu, tapi kalo pas bertengkar juga ga kalah ributnya. Semua barang harus sama dalam segi kuantitas, warna dan kualitas, gitu aja masih bisa jadi sumber pertengkaran kalo satunya iseng merebut barang saudaranya. Itu pas mereka udah toddler ya
Pas mereka babies, bisa dibayangkan repotnya. Pipis hampir bersamaan, poop hampir bersamaan, bangun hampir bersamaan, nangis bersamaan pula.  Jam biologis mereka hmpir sama karena mungkin kebiasaan yang dibangun secara bersamaan pula. Maksudku jam nyusu pasti disamain kan? jam makan juga, otomatis kurang lebih mereka poop dan pee di saat yang hampir bersamaan pula.
Pastinya jika punya anak kembar, u will need a hand or two.

Anak kembar mampu membaca pikiran saudara kembarnya
Itu kayaknya enggak juga, atau mungkin mereka masih kekecilan kali ya? Sekarang sih yang bisa mengerti Kenzo Kayden totally adalah Kimmy cece-nya hehehe. Kalo nangis meraung2 ngomong ga jelas, amazingly cuma Kimmy yang bisa mengartikan maksudnya.  

Si Kakak dan si Adik
Kenzo lahir duluan, Kayden belakangan karena Kayden di perut atas. Orang bilang Kayden kakaknya, dokter bilang Kenzo kakaknya. Secara perawakan Kenzo lebih besar dan lebih kakak daripada Kayden yang unyu dan kolokan. Ga pantes kayaknya Kayden  jadi kakak
Tapi apapun itu mereka cuma beda 2 menit aja, jadi aku ga ngeributin siapa yang kakak siapa yang adik. Just two minutes away, ngapain juga diributin.


Ditempatkan di kelas yang sama
Sekolah twin memisahkan kelas. Kalau di internet bilang sebaikanya satu kelas aja dulu, supaya mereka nyaman karena terbiasa ada satu sama lain.
Berdasarkan pengalamanku, mendingan mereka pisah kelas aja supaya lebih mandiri dan 'tidak ada sekutu untuk rebellion'
Di sekolah Kenzo dan Kayden lumayan terkendali, dan mereka pisah kelas. Gitu aja si Kenzo beberapa minggu ini reportnya kuning mulu. Yang ga mau duduk, yang mau jadi yang pertama, yang mau sepatu temennya lah.
Nah Kenzo Kayden juga ikut les musik dan sekolah minggu yang notabene akhirnya sekelas juga. Dan guru les musiknya tobat2. Mereka ga bisa dipisah, ditaruh pojokan bisa balik lagi jadi satu. Dan ga mau nurut, becanda melulu, ga serius dan akhirnya gurunya menyarankan gimana kalo jam kelasnya dibedakan?
Di sekolah minggu pun mereka juga ga mau diem, sampe gurunya kemaren bilang 'Paula...anakmu...terbang teruss, ga mau diem'
Akrab banget  -  kompak banget
Masing2 anak berbeda, mungkin ada yang bagus kalau ditempatin sekelas jadi bisa saling membantu. Atau malah ga bagus seperti Kenzo Kayden, mereka sih saling membantu, tapi saling membantu bikin rusuh hehehe
     

Wednesday, 10 February 2016

Bahagia itu sederhana? Masak sih?

Mainstream ya....bahagia itu sederhana.
Menurutku bahagia itu bisa dibuat sesederhana mungkin kalo itu terjadi setelah kita mengalami kejadian yang bikin kita ga enak dulu.

1. Lihat Kimmy berlari dari tangga sekolahnya sambil bawa pianika karena udah terlambat ikut latihan school band dan teriak 'Bye mamaaaa' pas dia liat aku duduk di kursi admin untuk bayar2. 
Itu kejadian biasa banget kan? Dan mestinya ga bikin aku bahagia kayak gimana kalo ga ada peristiwa ini

Malem sebelumnya Kimmy tiba2 demam, ga enak badan, lesu dan katanya perutnya sakit. Karena Kimmy jarang sakit aku jadi agak panik dan sedih (atau bete?)
Udah kebayang besoknya pasti ga bisa sekolah, wong demamnya sampe 38 derajat.
Tapi setelah minum paracetamol, antangin (baru pertama kali) dan bobok, eh besoknya sembuh....dan keluar batuk berdahak. Radang toh kamu nak gara2 makan ga bener di kantin sekolah tuuuuh.
Ada pelajaran berharga lo, aku langsung beli sekotak antangin untuk anak. Ternyata manjur ya kalo perut kembung.

2. Baby sitter anak-anak bilang kalo Kenzo dan Kayden menghabiskan bekalnya dengan cepet hari itu.
Ini juga biasa banget, saban hari juga habis tapi ada tambahan kata cepet.

Beberapa hari sebelumnya, baby sitternya twin bilang kalo guru sekolah twin bilang Kayden terpana lihat anak lain bawa bekal nasi kuning. Selama ini bekal twin ga jauh2 dari roti, bakpao atau kue. Semuanya beli di malam sebelumnya. Praktis karena pagi2 aku masih harus masakin mereka lauk makan siang. Tapi kalo ada yang bilang gitu, hati nuraniku terusik cieeee....
Dulu Kimmy sering aku bikinin bento, sekarang mana syempet. Nah twin belum pernah sama sekali aku bikinin bento. Tapi demi supaya Kayden terpana liat bekalnya, aku bangun pagi2 potong2 sosis, bentuk2 nasi dikepal2, potong2 seaweed, rebus telur puyuh dan brokoli.
Demi semua itu aku bangun setengah jam lebih awal, dan tetep aja pontang panting. Rencana awal bikin nasi kepal bentuk babi, jadi bentuk sederhana aja, bentuk sushi biasa. Lauknya sosis dibentuk ala cumi, telur puyuh rebus dan karena ga sempet tumis brokoli, brokolinya cuma kurebus dan aku masukin sebagai hiasan. Biasa sih, gak instagramable, tapi twin belum pernah dibikinin begituan. Karena ga bisa liat ekspresi mereka pas liat bekalnya, ga rela dong, jadi sebelum snack box ditutup, wajib dipamerin dulu ke twin. Dan mereka juga terpana liatnya (puasssss....)
Pelajaran berharganya? Mereka terlambat ke sekolah 10 menit. Padahal udah pontang panting lo mamanya. Dan gurunya twin pesen, lain kali bawa bekal nasi yaaaaaa....
Iya bu guruuuu, ibu yang guntingin rumput lautnya yaaaaa

3. Pas di tengah jalan kebelet, ketemu kamar mandi yang bersih dan wangi.
Ini pasti banyak yang sudah mengalami. Tidak ada yang lebih indah dan membahagiakan diantara acara sakit perut sampe berkeringat dingin, trus ketemu toilet yang bersih, wangi dan sepi. (Kalo banyak yang ngantri kan ga enak lama2 di dalem)
Toilet di mall sekarang udah banyak yang sepi, besar, bersih dan wangi, tapi apa bahagianya di saat kita ga membutuhkan? Kalo pas butuh banget, bahkan toilet di McDonald pinggir jalan yang ga standard mall aja udah bisa bikin aku berucap "like heaven..." :)

Tapi kalo ga ada kejadian apapun?
Ah...kayaknya jadi Kim Kardashian bahagia banget ya, ga jelas ngapain tapi bisa kaya raya, travelling kemana-mana dan makan enak terus tapi ga gendut2 banget cuma bokongnya aja yang gede.
Hahaha




Monday, 8 February 2016

Xin Nian Kuai Le


 
Tahun baru China kali ini disertai dengan hujan super deras di Surabaya.
Sudah beberapa tahun terakhir ini yang namanya xincia selalu kering kerontang. Padahal dulu banget pas zaman masih pacaran saban xincia kayaknya pasti hujan gede. Masih inget deh, hujan-hujan banjir-banjir menyebrangi jalan Mayjend Sungkono-surabaya yang terkenal langganan banjir puluhan centi masa itu.
Mana mobil papa sedan, jadi tenggelam di Mayjend Sungkono, tapi tetep aja dibelani lewat, demi memenuhi undangan makan malam bersama calon mertua hihihi.

Beberapa tahun ini cuma gerimis dikit2.
Kalo orang china dulu bilang, kalo xincia hujan deras itu artinya sepanjang tahun berkat melimpah.
Semoga tahun baru ini berkat melimpah juga ya karena dersenya sampe bikin bete

Tahun ini entah kenapa males banget beli yang baru2 dan bersih2 rumah. Rekor tahun baru terniat adalah tahun lalu 2015. Kita bersih2 sampe ke ujung2 rumah, dan beli baju baru yang senada. 2 baju pula untuk masing2 anggota keluarga plus piyama baru untuk anak2. Tahun ini, besoknya xincia, hari ini baru beli baju untuk anak2 aja. Cuci malem2 trus paginya disetrika.

Tahun baru China kali ini jatuh di hari Senin, sehingga minggu malamnya kami makan sama-sama. Kalo dulu twin ga pernah ikut makan malem bersama karena kekecilan dan ga bisa makan sendiri, sekarang udah bisa.
Seperti biasa, kalo malam xincia makanan melimpah ruah. Dari ayam, ikan, babi dsb ada semua.
Dibandingkan dengan teman-teman di sosmed yang pada pajang foto makanan, masakan malam xincia keluarga kita termasuk sederhana lo. Tapi itu sudah bikin Kenzo dan Kayden ber wow2 melihat aneka kue dan masakan di meja.

Ada spiku, brownies, aneka kue kering, manisan, permen, cokelat di meja ruang tamu. Anak2 parkir di depan meja tamu lama sekali.
Dan di meja makan ada babi kecap, ayam goreng, mie goreng, kuah sop ayam, dan bola udang goreng. Untuk minumnya ada teh hijau manis. Puas deh anak-anak makan.

Besoknya diawali ke rumah mama dan papa Sam, kemudian ke rumah mama dan papaku.
Kalau mertuaku doyan masak heboh, mama papaku cari praktisnya aja, ke resto chinese food terdekat.
Rame nya minta ampun, dan untung dapet meja walaupun ga booking.

Me and my family
Nah setelah itu hujan gede banget. Agenda kita benernya ada 2 lagi. Sambang2 ke rumah saudara + makan malem bersama keluarga Sam dan keluargaku.
Batal deh.

Benernya paling enak itu kalo hujan besar gini, di rumah, santai2 minum teh hangat manis kan yaaaa hahaha
Tapi nyatanya jalan menuju ke rumahku banjir, mau ga mau kita ngemall lah. Kita pilih mall yang ada show gratis Monkey King
Karena anak-anak biasa bobok siang, mereka rada bawel. Adaaaa aja yang bisa dibuat tema tengkar. Dari posisi tempat duduk sampe ketidakadilan yang satu dapet porsi yang lebih besar atau entah gimana lah pokoknya.
Tapi kita janjikan 'mau lihat show monkey!'

Ga pernah terpikir kalo dipikiran mereka itu show monkey itu berarti monyet beneran. Nunggunya udah lama, posisi nontonnya berdiri, bikin reweeeeel banget mereka ini. Ga tahan mereka berdiri nungguin show monyet. Akhirnya duduk di cafe yang berkaca pinggir panggung di lantai atasnya. Paling gak mamanya bisa ngopi kan. Gitu juga musti nunggu lama orang-orang yang udah selesai ngafe - karena requestnya khusus, meja deket kaca.

Dan keluarlah monyet2annya....dan ngamuklah Kenzo liat yang keluar bukan monyet beneran.
Dia nguamuk di tengah2 mall, jerit2 minta monyet. Mampus dah, dan tipikal Kenzo, kalo udah ngamuk nangis ga bisa diajak ngomong, jeritannya keras bikin semua orang noleh.
Hwaaaaaa.....bludrek.

Mau langsung pulang ga bisa, soalnya Kimmy udah separoh nonton, mana mau dia tengah2 pulang.
Kenzo bisa diem sedikit setelah disogok pake pizza dan susu.
Hwaaaa what a day. Akhirnya kita pulang dan ga pingin pergi2 lagi, walaupun buat makan malem.

Sampai di rumah, saking gedenya hujan anginnya, kamar anak yang terakhir 2 bulan lalu abis ditambal....bocor lagi. Genep deh bete nya.
Malem itu anak-anak makan sup bibir ikan buatan mamaku (frozen) + nasi putih, emang ga nyambung tapi udah ga napsu beli2. Aku dan Sam makan minta mertua juga. Mertua tinggal depan rumah juga ga napsu masak atau keluar makan. Jadilah kita semua makan lauk sisa kemarin hehehe

Mungkin kalo awalnya udah ga niat, the rest of the day bisa kacau ya.
Tapi apapun itu, semoga di tahun monyet api ini, semuanya menjadi lebih baik. Amen

Happy New Year everyone

Legenda Shio Panda

Sebagai anak keturunan china, aku tau dikit2 tentang legenda asal usul munculnya 12 shio. Cuman dikit aja, ga sepakem Sam misuaku yang totok banget. Sam ngerti cukup banyak, dari si monkey king yang ternyata dewa sampe shio itu tadi. Monkey King ternyata dewa toh....baru tau kemaren pas ngobrol2 masalah shio.

Jadi begini ceritanya (singkatnya aja)

Pada suatu waktu Kaisar Langit ingin mengukur waktu dengan menghadiahkan 12 tahun untuk 12 hewan.
Siapa yang datang menghadap lebih dahulu akan dihadiahkan nama tahun.
Tikus adalah tahun yang pertama, karena tikus ini pintar. Dia bersaing dengan kucing yang juga sama bernafsunya untuk mendapatkan hadiah nama tahun. 
Untuk menghadap kaisar Langit mereka harus menyebrangi sungai, karena mereka berdua tidak bisa berenang, mereka minta tolong kepada Kerbau yang dengan baik hatinya mau menyebrang sungai dengan kucing dan tikus di punggungnya.  Sayangnya tikus ini pintar dan licik, di tengah sungai, dia mendorong kucing sehingga tidak sampai ke seberang (ada juga versi dimana kucing tertidur dan tikus tidak membangunkan - entah yang mana yang benar)
Jadilah tikus di tahun pertama karena tikus melompat ke darat ketika kerbau sudah dekat dengan daratan dan kerbau di tahun kedua
Kemudian berturut-turut ada macan di tahun ketiga
Kelinci di tahun ke empat
Naga di tahun ke lima (naga di tahun kelima karena dia mengalah dan membantu menurunkan hujan serta membantu kelinci terlebih dahulu)
Ular di tempat keenam, ular datang bersama kuda, dengan melilit kaki kuda. Karena kuda takut, sehingga ular bisa leluasa lebih dahulu menghadap kaisar langit.
Kuda di tahun ketujuh
Kambing tahun ke delapan
Monyet tahun ke sembilan
Ayam tahun ke sepuluh.
Anjing di tahun kesebelas karena walaupun pintar berenang namun tergoda dengan beningnya air suingai sehngga terlena dan terlambat
Dan tentu saja babi di urutan terakhir karena sebelum menghadapa babinya makan dulu, bobok dulu, santai dulu.

Nah kurang lebih demikian cerita asal usul shio.
Buat aku pribadi, itu sebuah legenda yang menghibur. Tidak terlalu mempercayai karena menurutku tidak semua anak yang lahir di tahun monyet misalnya merupakan anak yang lincah, pintar, menarik dan banyak akal. Banyak temanku shio monyet yang pendiam dan introvert.
Tapi sekali lagi itu cuma opiniku

Aku dan suami sendiri shio monyet, Kimmy shio Tikus dan si kembar shio Naga.
Kimmy sendiri bete sama shio-nya. Bayangan dia tentang tikus pastinya bukan Mickey Mouse, tapi hewan abu2 cokelat yang kalo Kimmy lihat dia bisa teriak2 ketakutan.
Nai-nai-nya yang totok itu sering banget membandingkan dia dengan shio-nya. Walaupun nai-nainya bilang shio tikus itu pintar dan cerdas, Kimmy ga bisa menerima kalo dia shio tikus.
Dia bilang ini semua ga adil, karena mama dan papa shio monyet yang lucu, adik-adiknya shio naga yang keren sedangkan dia shio tikus yang menjijikkan. Bahkan sepupunya bisa shio kelinci yang menurut dia adorable banget.
Jadi aku bilang ke Kimmy 'memangnya Kimmy mau ganti shio?' karena anaknya kalo menjelang xincia begini kumat bawelnya tentang shio.
'Mau'
'Mau shio apa?'
Dasar anaknya ternyata anti mainstream, dia ga mau dong tiru shio ortu atau adiknya. Dia bahkan ga mau tau tentang pakem 12 shio. Kimmy mau shio Panda.
Nai-nai nya kalo sampai tahu cucu nya jadi shio Panda sekarang, entah bakal ngomong gimana lagi.







Thursday, 4 February 2016

Perlukah anak SD dikasih uang jajan?

Menurutku belum perlu kalau masih dibawah kelas 4 SD. Karena mereka belum terlalu mengerti masalah uang, uang kembalian dan tanggung jawab untuk ga beli makanan yang kotor.
Anak memang beda2, dan anak kelas 4 SD keatas bukan jaminan bisa bertanggung jawab, tapi menurutku masih sedikit bisa bertanggung jawab lah.

Atas dasar itu aku ga memberikan anak2ku uang jajan. Apalagi mereka istirahat 2x (yg SD maksudnya) dan aku sudah memberikan bekal yang cukup. Kue dan nasi + lauk. Bahkan tas makanannya aja khusus loh saking banyaknya. Untuk anak2 yang lebih kecil pastinya ya ga ada uang jajan dan mereka hanya membawa 1 kotak makan untuk jatah 1x istirahat.

Tapi beda orang tua, beda opini. Beda anak juga beda sekolah.
Kebetulan sekolah Kimmy ini ga ada jajanan diluar pagar kayak sosis ga jelas, pentol ga jelas atau apapun yang ga jelas. Sekolah Kimmy ada 3 kantin yang menyediakan makanan berat atau snack. Ga seberat nasi bento or semacamnya, tapi ya ada spaghetti, macaroni dsb. Untuk makanan yang berat2 untuk makan siang, sekolah menyediakan catering fresh, yang mana kadang sangat menggodaku untuk beralih ke catering sekolahan buat Kimmy daripada masak sendiri. hehehee. Tapi beralih ke catetring sekolah tetep aja aku harus masak pagi2 kan. lah kalo gak trus twin makan apa buat siangnya? Jadi ya sekalian wes masak pagi2 untuk bekal kimmy + makan siang twin.

Sayangnya kantin2 di sekolah Kimmy ada yang menjual snack bungkusan macam soba mie, ciki2an sampai es. Ga tau es apaan. Pastinya bersih sih, tapi sebenernya aku sangat keberatan. Aku tau ga semua orang tua keberatan anaknya makan Chiki2an. Mereka justru berpendapat biar anaknya kuat dijejelin aja chiki. Ada benernya, kalo anak mereka ga doyan bapil kayak anak2ku. Kimmy sih udah gak terlalu, tapi twin ini kayak balapan saling menulari. Menurutku sih, mendingan kantin2 itu bener2 menyediakan makanan yang bersih dan mengikuti standard tertinggi ortu yang cerewet tentang makanan dan gizi anak. Toh anak tetep beli juga kok, mereka kan suka beli di kantin karena sensasinya juga. Beli sendiri, pilih sendiri, bayar sendiri.
Masalah boleh makan es atau ciki, biar ortu yang menentukan masing2 di rumah.

Kimmy ini dari dulu awal SD pas kelas 1 udah merengek minta uang jajan.
Lah uang 2000 aja ga ngeh kok mau dikasih uang gimana. Jadi aku bilang, belum ngerti uang ga boleh pegang uang. Cilaka-nya, kelas 2 ini dia diajarin di sekolah dan sudah mahir tentang duit, kembalian dsb.
Minta lagi dong, dan ga kukasih dengan alesan bekalnya udah banyak.
Mana aku sangka dia jebol tabungannya recehan koinnya untuk jajan di kantin.
1x dimarahin trus dimaafkan
Eh.....lah kok jebol tabungan koinnya lagi.
Taunya dari mama temen Kimmy, satu2nya mama yang kukenal di sekolahan Kimmy hihihi
Laporan dia ke aku, bilang kalo Kimmy jajan Chiki padahal kan batuk.
Aku marah beneran, bukan karena jajan ciki-nya, tapi lebih ke arah berani2nya dia mengulang perbuatan yang sama padahal udah kularang.

Semaleman aku mikirin Kimmy dan mulai kuatir karena kok dia bohong ya, kok dia berani ya padahal udah dibilangin ga boleh.
Sampe akhirnya aku inget aku sendiri pas SD.....

Pas SD aku juga ga dikasih uang jajan sama ortu. Alesannya sama persis loh, udah dikasih bekal.
Aku ga doyan bekalnya mama. Zaman dulu kan pulang sekolah jam 1 siang. Jadi cuma bawa 1 bekal aja, roti atau snack. Makan siangnya di rumah. Ada sih anak yang bawa nasi, mie gitu2, termasuk aku nih. Mama takut anaknya lemes kelaperan, jadi dia bawain aku nasi pake rantang aluminium mungil yang lucu susun 2. Lucu deh rantangnya, kecil mungil kilap2. Tapi, buat aku dulu, bawa rantang itu memalukan!
Aduuuuh malu banget bawa rantang ke sekolah, udah berasa anak desa ke sawah gitu lo bawa2 rantang.
Tapi mana bisa mama zaman itu dikasih penjelasan, pokoknya bawa rantang, titik.

Kalo di zaman Kimmy sekarang bawa bekal nasi banyak pake termos itu hal yang wajar. Aku liat sendiri soalnya di sekolah dia bawa tupperware, terpos, bahkan rantang termos lucu kayak zaman SD ku dulu.
Aku sangat memperhatikan wadah bekal anak2, trauma masa lalu soalnya hahahaha
Di zaman Kimmy untuk kelas 2 juga ga banyak yang dapet uang jajan. Ada sih, tapi banyakan gak dapet. Kalo zaman SD ku dulu, rata2 bawa uang jajan. Dari 40 anak di kelas, palingan 3 anak aja yang ga dikasih uang jajan, include me.
Walaupun mama berusaha dengan keras mewujudkan impian bekalku, tapi tetep aja rasanya ga seenak makan di kantin beli sendiri sama temen2.
'Maaa...di kantin temen2 makan bakwan'  dibawainlah bakwan bergizi tinggi sama mama + nasi.
Padahal yang enak adalah bakwan ga jelas ala kantin yang makannya campur krip2 murah beli di depan pager sekolah hohoho.
'Maaa mihunnya kantin enak, mau beli '
'eh jangaaaan, kotoooor' dan dibikinin aku mihun homemade ala mama yang bersih. Padahal mihun kantin yang sedikit dan banyak micinnya itu enaaaaak.

Aku bukan orang yang pasrah gitu aja. Ga dikasih duit tapi pingin jajan di kantin? Aku bongkar celenganku pas itu. EEEEEAAAAA.....kalo celengan habis, langsung rajin menabung, sehari bisa 5x minta duit recehan buat tabungan. Karena dulu itu papa buka toko, gampang aja papa kasih aku recehan buat ditabung. Ga ngitung juga, yang penting anaknya ga bikin rusuh di toko. hehehehe
Gak puas dengan recehan, aku mulai minta ke temen.
'Eh aku nitip es ya' besoknya 'kamu mau ke kantin? aku nitip ya'
Preman bener dah pokoknya
Sampe salah satu temen bilang 'Paula, kalo aku hitung2 kamu itu udah hutang ke aku Rp 5000 lo' (untuk yang namanya Emilia di luar sana, kalo inget, aku akan bayar hutangku yang 5000 zaman SD itu - japri aja yaaa hehe)
Mampus.....aku langsung ketakutan, bayangan beban hutang 5000 rupiah zaman itu banyak banget.
Gak cuma itu aja, aku juga jualan, jadi sales ceritanya.
Aku gambar2 sendiri pake kertas buku tulis sobekan bergaris yang tipis, aku potong2 rapi trus aku jual ke temen2ku yang masih polos2 itu. Mereka beli lo gambar2ku yang ala kadarnya itu dan ga ada bagus2nya, mereka bilang untuk melengkapi puisi2 karangannya, atau untuk ditempel....sampe ketauan mamanya dan dilarang menghabiskan uang jajannya untuk beli gambar jelek ga jelas.
Sewain majalah bekas pernah, jual perangko bekas juga pernah. Pokoknya everything for sale in the right price -lah hahaha
Itu semua berlangsung sampe SMP dan aku dapet uang jajan sendiri. struggle banget demi jajan es dan bakso di kantin

Sam bilang, biar orang bilang Kimmy ini mukanya mirip Sam 98%, tapi dia ngerasa sifatnya lain banget sama dia. Dia ga merasa pas kecil kayak si Kimmy.
Ya jelas....soalnya aku ngerasa banget Kimmy mirip 98% sifatnya kayak aku.
Peristiwa bongkar celengan itu kayak dejavu buat aku. It will never end sampe dia dapet uang jajan sendiri. Kayak aku dulu, ga bakal berhenti berusaha sampe dapet uang jajan sendiri.
Beruntung aku belum dapet laporan dari gurunya tentang Kimmy jualan barang ga jelas ke temennya kan?
Sebelum itu terjadi atau Kimmy ngompas orang kayak mamanya dulu, mendingan anak itu aku kasih uang jajan.

And it start today, Kim resmi bawa uang jajan 6000 rupiah pake dompet item polkadotnya dia. :)
Cuma 6000 soalnya kan masih bawa nasi dan kue. Buat dia jajan2 biasa aja.
Dengan wejangan ga boleh ciki, ga boleh es ga boleh aneh2. Kimmy sih bilang uangnya ga akan dihabiskan, yaaaa kalo macaroni harganya 5000 rupiah, memang masih sisa 1000 sih. We'll see
Apa anaknya nurut? Ya belum tentu sih, liat temennya makan ciki masak iya anaknya nurut tetep makan bolu kukus aja. Kimmy belum besar, masih SD, 8 taon juga belum, tapi kayaknya dikit2 udah harus rela lepas dia dari pengawasan mata elang mamanya :) Berdoa aja yang banyak, biar kalo makan aneh2 ga jadi penyakit di anaknya. Itu atau mamanya demo komplain sama sekolahannya suruh kantin2 itu ga jualan makanan yang bikin batuk Hahahaha


Monday, 1 February 2016

Extra Income Everyone?

Aku kali ya yang ketinggalan zaman, tapi ternyata selain kerja freelance di beberapa web, ada juga lo cari uang hanya dengan cara mengisi survey.
Ya memang ga instan dan butuh waktu bulanan untuk bisa dapat uang cash atau voucher.

Ada beberapa web lokal dan luar negeri yang aku ikutin untuk survey2 gini.
Lumayan dapetnya, sekitar 250.000 rupiah sampai Rp 1.000.000,-
Bisa berupa uang cash (from payPall) atau dapetin voucher2 Hypermart/MAP/pulsa dsb.

Jujur aku sendiri baru mulai sebulan yang lalu, jadi dapetnya ya masih dikit.
Apalagi bukanya biasanya kalo malem aja.
Lembaga2 survey itu kasih email beberapa hari sekali, tergantung dari spesifikasi survey yang ada, apakah sesuai dengan kita atau gak. Cuma makan waktu 2 - 10 menit per survey.

Nah ini web yang aku ikutin dan based on review-nya sih terpercaya

Lokal
1. Poinweb
         
             
         

        * Apa itu poin-web ?
poin-web adalah situs dimana kamu bisa kumpulin poin gratis dengan menyenangkan dan konten yang menarik.
Tukar poin yang terkumpul dengan hadiah gratis !

* Cara dapetin poin ?
Melakukan berbagai aktivitas seperti main game, lihat iklan, ikutan kuisioner, ikutan promo, dan masih banyak lagi!

* Poin nya untuk apa ?
Tukar poin kamu dengan gratis voucher belanja, makanan, game online, tiket nonton bioskop dan masih banyak lagi!

* Voucher apa aja ?
Voucher belanja di  : Carrefour, zara, sogo, adidas dan lainnya
Voucher makanan     : KFC, Starbucks, BurgerKing, Domino Pizza, dan lainnya
Voucher game online : Indomog, Gudang voucher, dan lainnya
Pulsa gratis        : Telkomsel, Xl, Axis, Indosat dan lainnya

dan masih banyak lagi!

* Gimana cara daftarnya ?
Klik button dibawah ini dan dapatkan bonus 2.500 poin jika kamu melengkapi pendaftarannya.
Tunggu apa lagi, daftar sekarang juga dan jangan lupa ajak teman - teman kamu yaa~
             
             
         

        
Poinweb ini rame web-nya, cara dapetin poin-nya pun macem2, ga cuma via mengisi survey tapi via main game atau download

2.Viewfruit
http://id.viewfruit.com/Register/MjY3OTg4OlMxU0pESkVNTjQ3RFJEU1ZQTTY3/

Kabarnya Viewfruit ini paling sering mendatangkan survey via email.
Hati2 kelewatan, soalnya viewfruit ini entah kenapa emailnya sering masuk spam.
Asyiknya, Viewfruit ini jumlah minimum point yang ditukar paling sedikit. 500 point = $1 via paypall

3.Ipanel Indonesia

Hehehe yang ini barusan aja masuk
Tapi kabarnya, web survey yang ini semakin rajin masuk dan isi survey nya semakin rajin dia kasih kita survey means semakin banyak point nya
Ini linknya, silakan di klik
Klik dan copy link: http://id.ipanelonline.com/register?inviter_id=2635959

Non Lokal / International
1. GlobalTest Market

Ini web survey yang pertama kali aku daftar. Disini semua undangan survey akan selalu dapat point walaupun kita kena screen out atau ternyata ga kepilih. Walaupun toh cuma 5 point per kali didepak dari survey hehehe
Per kali redeem itu sekitar min 50$ pake payPall juga

2. Toluna

Ini juga aku barusan daftar aja, so no review

Anyway, daripada browsing2 nganggur mendingan ngisi survey 2-3 menit sehari.
Dikit2 dapet point hehehe